Waduh...Sejumlah Jip Wisata di Kulonprogo Tak Layak Jalan

Ilustrasi jip wisata/Fahmi Ahmad Burhan
28 April 2022 14:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dishub Kulonprogo dan Satlantas Polres Kulonprogo mengecek kesiapan jip wisata jelang libur Idulfitri. Hasilnya ditemukan sejumlah armada jip tidak layak jalan.

Kasi Pegendalian dan Operasional Dishub Kulonprogo Bekti Nurada mengatakan sejumlah armada tidak memenuhi syarat untuk beroperasi. Di antaranya, kondisi rem kurang bagus, oli kendaraan sudah terlalu lama tidak diganti serta lampu sein mati.

"Adanya temuan tersebut menandakan jika jip dalam kondisi yang tidak prima dan masuk kategori tidak layak jalan. Oleh karena itu, kami meminta agar pengelola memperbaiki jip yang masuk kategori tidak laik jalan jika ingin tetap mengoperasikan armadanya saat libur Lebaran," ujar Bekti pada Kamis (28/4/2022).

Dikatakan Bekti, pengelola diharapkan memperhatikan aspek keamanan jip yang menjadi salah satu atraksi wisata di Kulonprogo. Di antaranya di objek wisata penyewaan jip wisata, Kampung Traveler di Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo.

BACA JUGA: Malioboro Macet saat Lebaran, Sultan: Nek Ora Lewat Malioboro Ora Lego

"Kami merekomendasikan pengelola jip wisata di wilayah Kulonprogo untuk melakukan perbaikan terhadap sejumlah temuan saat sidak kelaikan dilakukan. Pengelola diharapkan melengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan tadi, baik rem lampu dan lainnya," sambung Bekti.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Kulonprogo Ipda Muhammad Tauchid mengatakan apabila pengelola tidak memperbaiki sejumlah jip bermasalah, maka armada tersebut dilarang beroperasi.

"Kami meminta agar pengelola mengoperasikan armada jip yang memang layak jalan. Kami merekomendasikan untuk jip yang tidak laik jalan jika belum diperbaiki untjk tidak dioperasikan demi keselamatan bersama," ungkap Tauchid.

Manager Kampung Traveler Firmantoko berjanji akan memperbaiki jip tak layak jalan. Perbaikan dilakukan secepatnya sebelum libur Lebaran tiba.

"Matinya lampu sein armada jip kami karena beberapa hari tidak jalan dan juga wiper ada yang mati ya. Kami ada sebanyak delapan unit. Satu unit dalam kondisi rusak dan masih dalam perbaikan. Armada ini akan beroperasi pada hari kedua Lebaran," kata Firmantoko.

Terdapat beberapa jasa penyewaan jip wisata di Kecamatan Pengasih selain di objek wisata Kampung Traveler. Sejumlah pengelola mengakomodir wisatawan yang ingin berekreasi di kawasan perbukitan Menoreh.