Advertisement

Salat Id Alun-Alun Utara Dipindah, Kuota Maksimal Jemaah Berkurang Drastis

Anisatul Umah
Jum'at, 29 April 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Salat Id Alun-Alun Utara Dipindah, Kuota Maksimal Jemaah Berkurang Drastis Ilustrasi Salat Id di Alun-Alun Utara Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Salat Id di Alun-alun Utara akan digeser ke halaman Masjid Gedhe Kauman karena masih ada revitalisasi. Dengan begitu, jemaah yang bisa ditampung hanya sekitar 1.000 orang saja.

Koordinator Pelaksana Lapangan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) DIY, Budi Setiawan mengatakan persiapan menjelang Salat Id beberapa hari lagi sudah dilakukan. "Alhamdulillah semua sudah disiapkan setelah dua tahun libur," kata dia kepada Harianjogja.com, Jumat (29/4/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Warga Mudik Lebih Awal, Hotel di Jogja Mulai Terima Wisatawan

Dalam pelaksanaan Salat Id, protokol kesehatan akan tetap ditegakkan sesuai dengan surat edaran dari Satuan Tugas Covid-19.

"Karena sedang ada proyek revitalisasi Alun-Alun Utara, [Salat Id] pindah di halaman Masjid Gedhe Kauman dengan kapasitas yang sangat terbatas," tuturnya.

Biasanya, kata dia, Alun-Alun Utara bisa menampung lebih dari 10.000 jemaah Salat Id, tetapi karena dipindahkan ke halaman masjid, jumlah jemaah yang bisa ditampung pun tak lebih dari 1.000 orang.

"Sekitar 1.000 dan nanti meluber di Jalan Alun-Alun Utara. Jemaah harap hadir pukul 06.30 WIB, salat akan dimulai pukul 07.00 WIB. Sebagai imam/khatib Ust. Asrul Jamaludin," ucap dia.

Sementara untuk lokasi salat id di alun-alun Kidul berdasarkan edaran dari PHBI Kecamatan Kraton Moch. Muzani masyarakat dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA: Ada 34 Perusahaan di DIY Tak Bayar THR, Denda Menanti

Imbauan yang disampaikan di antaranya membawa alas salat dan sajadah, memakai masker, membawa hand sanitizer, serta meyakinkan diri dalam kondisi sehat dalam arti tidak ada gejala terpapar Covid.

Selanjutnya suhu badan normal, menjaga jarak aman dan tidak melakukan sentuhan fisik dengan jamaah lain, dan hadir lebih awal agar saf salat bisa diatur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement