Advertisement

Mantab, Terminal Induk Wonosari Sediakan Pengecekan Kesehatan Gratis

Triyo Handoko
Sabtu, 30 April 2022 - 19:37 WIB
Sugeng Pranyoto
Mantab, Terminal Induk Wonosari Sediakan Pengecekan Kesehatan Gratis Penjagaan pos mudik 2022 di Terminal Dhaksinarga Wonosari, Gunungkidul, Sabtu (30/4/2022).-Triyo Handoko - Harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Terminal Induk Dhaksinarga, Wonosari bersiaga menghadapi arus mudik Lebaran 2022.

Petugas menyediakan pengecekan kesehatan gratis bagi pemudik yang datang dan berangkat lewat terminal. Pengecekan kesehatan tersebut termasuk rapid tes Covid-19 bagi pemudik yang belum mendapat Vaksin Booster.

Advertisement

PLT Kasatpel Terminal Dhaksinarga, Aris Parwanto, menyebutkan pengecekan tersebut merupakan layanan khusus bagi pemudik Lebaran. "Agar penyebaran Covid-19 tertangani dengan baik dan tidak menimbulkan masalah berkepanjangan," jelas Aris, Sabtu (30/4/2022).

Pengecekan kesehatan tersebut, kata Aris, terselenggara berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul. "Kami lewat Dinkes untuk tenaga kesehatannya dibantu Puskesmas Wonosari 1 dan Karangmojo 2," ujarnya.

"Hingga Sabtu ini belum ada pemudik yang terdeteksi positif Covid-19," kata Aris.

Jika ditemukan pemudik yang terpapar Covid-19, jelas Aris, akan dilakukan karantina dan pelarangan bepergian. Untuk arus mudik 2022, Aris menyebut, terpantau ramai lancar. "Ada peningkatan dibanding hari biasa, tapi tak terlalu signifikan," jelasnya.

Aris menyebut bus antar kota antar provinsi yang memasuki Terminal Dhaksinarga per 30 April sudah mencapai 112 bus. "Kebanyakan bus yang masuk cuma absen dan tidak menurunkan penumpang," ujarnya.

Tidak turunnya penumpang di Terminal Dhaksinarga, jelas Aris, karena penumpang langsung memilih berhenti di dekat tempat tujuannya. "Karena sekarang sedikit angkutan dalam kota yang beroperasi, jadi susah bagi para pemudik cari jemputan di sini," ujar Aris.

Sutarman, 48, pemudik dari Gunungkidul ke Surabaya mengaku terbantu dengan pengecekan kesehatan yang tersedia. "Rasanya lebih mantap untuk mudik karena tada hasilnya sehat," katanya.

Pilihan Sutarman pada angkutan bus untuk mudik karena lebih mudah aksesnya. "Saya kan tinggal di Wonosari, jadi lebih mudah naik bus dari pada naik kereta yang harus ke Jogja," ujarnya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement