Bandara YIA Mulai Buka Penerbangan Internasional

Pesawat terbang Air Asia mendarat di YIA, Jumat (29/4 - 2022).
30 April 2022 04:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Setelah nyaris 2,5 tahun tak ada penerbangan internasional di Yogyakarta International Airport (YIA), akhirnya maskapai penerbangan Air Asia asal Kuala Lumpur, Malaysia mendarat pada Jumat (29/4/2022). Pesawat berpenumpang 170 orang tersebut tiba sekitar pukul 17.40 WIB.

Direktur Utama Angkasa Pura 1 (Persero), Faik Fahmi mengatakan dibukanya penerbangan internasional di bandara YIA menjadi momen kebangkitan industri aviasi Indonesia. Ia berharap hal ini berdampak positif, khususnya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi.

"Setelah hampir 2,5 tahun bandara menutup penerbangan internasional maka hari ini saya kira mengawali mulai bangkitnya angkutan udara terutama untuk rute internasional," ujarnya.

Faik Fahmi berharap layanan penerbangan internasional di YIA mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat. Sehingga semakin banyak maskapai penerbangan yang memanfatkan izin penerbangan internasional di YIA. 

BACA JUGA: Barang Bukti Kasus Pornografi Siskaee Diambil Negara, Apa Saja?

Penumpang rute penerbangan internasional pertama setelah pandemi juga mendapatkan perlakuan istimewa. Pihak bandara mengadakan seremoni pengalungan batik dan bunga serta tarian persembahan. 

Salah satu penumpang, Anifah mengatakan ia cuti satu bulan dari pekerjaannya sebagai karyawan pabrik di Malaysia. Ia memutuskan untuk mudik ke Magelang, tempat asalnya.

"Ya kendalanya sih tadi pas berangkat PCR. Jadi, tambah biaya ya. Tiket tidak ada perubahan ya. Harganya sama. Aplikasi Pedulilindungi sudah saya install di Malaysia. Untuk pengisiannya di sini [YIA]," katanya.