Advertisement

Tenang! Dukcapil Kulonprogo Tetap Buka Layanan Selama Lebaran

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 30 April 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tenang! Dukcapil Kulonprogo Tetap Buka Layanan Selama Lebaran Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, WATES - Di masa cuti bersama Hari Raya Idulfitri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulonprogo tetap memberikan pelayanan administrasi penduduk (adminduk) kepada masyarakat.

Pelayanan adminduk akan dibuka pada Rabu (4/5/2022) hingga Jumat (6/5/2022). Adapun jam pelayanan yaitu mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Disdukcapil Kulonprogo, Aspiyah mengatakan di pekan Idulfitri biasanya banyak yang mengurus kepindahan penduduk, baik itu penduduk dari luar daerah yang ingin pindah ke Kulonprogo, maupun penduduk Kulonprogo yang ingin pindah ke luar daerah. Untuk itu pihaknya tetap memberikan pelayanan meski dalam masa cuti Lebaran.

"Selama 10 hari libur Lebaran sejak 29 April hingga 8 Mei, mungkin ada yang melahirkan, menikah, juga ada yang meninggal, maka tentu saja kami siap melayani akta kelahiran, akta kematian, dan akta perkawinan. Juga ada yang legalisir dokumen kependudukan untuk berbagai keperluan, bisa pekerjaan maupun pendidikan," terang Aspiyah kepada Harian Jogja, Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Lebih Gampang, Ini Syarat Pindah Domisili Terbaru

Selain itu, biasanya ada juga warga luar Kulonprogo yang turut melakukan cetak KTP di Kulonprogo dengan alasan KTP hilang saat perjalanan maupun rekreasi. "Kami siap melayani cetak KTP untuk penduduk luar Kulonprogo," ungkapnya.

Ia menambahkan untuk cetak dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi penduduk luar Kulonprogo juga bisa dilakukan di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin itu berada di Mal Pelayanan Publik, Wates serta Kantor Kalurahan Banjararum, Kalibawang.

Menurutnya, pelayanan adminduk ini dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA). "Pelayanan di hari cuti bersama Idulfitri adalah bagian komitmen kami melaksanakan "Sadar Melayani" untuk mewujudkan masyarakat yang tertib adminduk," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement