Advertisement

Warga Kulonprogo Tetap Takbiran Keliling dengan Rute Diperpendek

Lajeng Padmaratri
Minggu, 01 Mei 2022 - 23:47 WIB
Sugeng Pranyoto
 Warga Kulonprogo Tetap Takbiran Keliling dengan Rute Diperpendek Takbiran keliling di Kulonprogo tetap berjalan meski ada larangan.-Lajeng Padmaratri - harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sejumlah warga Kulonprogo tetap melaksanakan takbir keliling, meski Pemkab Kulonprogo sebelumnya telah mengeluarkan larangan.

Pantauan harianjogja.com pada Minggu (1/5/2022) malam, takbir keliling digelar masyarakat Kapanewon Wates dan Pengasih. Seperti di Jalan Purbowinoto, Pengasih; Jalan Kawijo, Pengasih; Jalan Serut, Pengasih; serta Jalan Brigjen Katamso, Wates.

Advertisement

Rombongan takbir keliling tersebut ada yang terdiri dari rombongan warga yang berjalan kaki maupun menggunakan mobil pikap. Mereka membawa obor dan lampion.

Meski tetap melaksanakan takbiran keliling, rute yang dipilih tidak sejauh rute takbiran sebelum pandemi. "Tetap keliling, tetapi rutenya diperkecil," ujar Radit, salah seorang peserta takbiran di Pengasih, Minggu (1/5/2022).

Pemkab Kulonprogo sebelumnya sudah melarang pelaksanaan takbir keliling. Berdasarkan SE Bupati Kulonprogo No. 360/1470 tertanggal 28 April 2022 tentang Perayaan Idulfitri 1443 H/2022 M Masa PPKM Level 2, masyarakat diimbau untuk mengadakan takbir pada malam Idulfitri 1443 H/2022 M di masjid/musala atau masing-masing dan dilarang mengadakan takbir keliling.

Polres Kulonprogo juga meminta masyarakat tidak menggelar takbiran sampai turun ke jalanan pada Lebaran 2022 di Kabupaten Kulonprogo. "Kami imbau mengumandangkan takbir malam Idulfitri cukup digelar di masjid, musala atau di rumah masing-masing,” kata Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement