Advertisement

Peserta Salat Id di Alkid Membeludak

Ujang Hasanudin
Senin, 02 Mei 2022 - 12:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Peserta Salat Id di Alkid Membeludak Ribuan umat muslim saat melaksanakan Salat Idulfitri 1443 Hijriah di Alun-Alun Kidul Jogja, Senin (2/5/2022).- Ujang Hasanudin - harianjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Alun-Alun Kidul (Alkid) menjadi salah satu lokasi digelarnya Salat Idulfitri, Sein (2/5/2022). Sejak pukul 06.00 WIB ribuan umat muslim berduyun-duyun menuju lapangan Alkid untuk melaksanakan Salat Idulfitri. Bahkan lapangan Alkid tidak cukup menampung jemaah, sehingga jemaah terpaksa harus Salat Id di jalan dan tempat parkir kendaraan.

Hadir pula dalam Salat Id di Alkid ini Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo dan Mantri Pamong Praja Kraton Sumargandi.

Advertisement

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kemantren Kraton, Muzani mengatakan setelah dua tahun Salat Idulfitri tidak digelar di Alkid, saat ini kembali digelar dengan jemaah yang membeludak.

“Biasanya yang hadir cuma lima ribuan, ini lebih dari lima ribu, karena mungkin ini sudah dua tahun libur karena pandemi, baru bisa melaksanakan lagi” katanya.

Imam dan khotib atau penceramah dalam Salat Id tersebut adalah Ery Masruri. Muzani mengatakan dua tahun di Alkid tidak ada Salat Id baik Salat Idulfitri maupun Salat Iduladha karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Saat ini meski masih PPKM level 2 namun sudah diizinkan oleh pemerintah untuk melaksanakan Salat Idulfitri.

Menurut dia yang hadir Salat Id di Alkid tidak hanya warga sekitar Kemantren Kraton, tetapi juga warga luar Kemantren Kraton. Hal itu terlihat dari banyaknya jemaah yang hadir meski pengumuman penyelenggaraan Salat Id hanya melalui spanduk di sekitar Kemantren Kraton.

Meski jemaah membeludak, namun pihaknya berkali-kali mengingatkan agar jemaah mentaati protokol kesehatan minimal mencuci tangan dan mengenakan masker. Di pintu masuk bagian timur, barat dan selatan disediakan masker dan hansanitizer oleh panitia. Beberapa tempat cuci tangan juga terlihat di pintu masuk.

Lebih lanjut Muzani mengatakan Alkid memang selama ini digunakan sebagai tempat Salat Id baik Idulfiti maupun Iduladha sejak 1970-an. “Yang libur tidak digelar Salat Id hanya dua tahun saja karena pandemi selama 2020 dan 2021,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Akhirnya Tahan Tersangka Korupsi Helikopter AW-101

News
| Selasa, 24 Mei 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement