Advertisement

Hari Pertama Lebaran, Gembira Loka Dikunjungi 1.500 Wisatawan

Ujang Hasanudin
Selasa, 03 Mei 2022 - 13:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Hari Pertama Lebaran, Gembira Loka Dikunjungi 1.500 Wisatawan Salah satu wahana keledai tunggang untuk anak di Gembira Loka Zoo./IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Objek wisata Gembira Loka Zoo Jogja dipastikan buka pada 2-16 Mei mendatang. Untuk hari pertama Lebaran atau 2 Mei 2022 lalu kebun binatang dan taman rekreasi keluarga ini dikunjungi sekitar 1.500 wisatawan.

Puncaknya diperkirakan pada 6-8 Mei mendatang dengan jumlah pengunjung diperkirakan lebih dari 5.000 per hari. Kepala Bagian Humas dan Promosi Gembira Loka Zoo, Fahmi Ramadhan, mengatakan animo masyarakat untuk mengunjungi Gembira Loka Zoo Jogja cukup lumayan ramai. “Hari pertama Lebaran ramai biasa pengunjung sekitar 1.500-an orang,” katanya, Selasa (3/5/2022).

Menurutnya, hari pertama Lebaran belum terlalu banyak karena masyarakat masih menggelar silaturahmi. Pihaknya memperkirakan keramaian akan terjadi mulai pada 3-16 Mei mendatang, bahkan puncaknya diperkirakan terjadi lonjakan kunjungan di tanggal 6-8 Mei. “Prediksinya puncak kunjungan ada di hari Jumat-Minggu [6-8/5] perkiraan sampai di atas angka lima ribuan wisatawan yang datang,” katanya. Sementara hari biasa selama sebelum dan selama Ramadan pengunjung harian hanya di angka seribuan orang.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Pada momen libur dan cuti Lebaran ini pihaknya juga menaikkan harga tiket masuk menjadi Rp80.000 untuk satu tiket atau satu orang. Harga tersebut naik dari biasanya Rp60.000 saat weekday atau hari biasa dan Rp65.000 saat weekend atau akhir pekan.

Namun kenaikan tiket masuk tersebut hanya berlaku mulai 2-16 Mei mendatang, “Setelahnya harga tiket kembali normal,” ucap Fahmi.

Kenaikan harga tiket pada momen liburan ini diakuinya juga ada tambahan sejumlah wahana yang bisa dinikmati wisatawan, di antaranya adalah penambahan satwa, wahana keledai yang bisa ditunggani, wahana terintegrasi kolam, zona cakar, terapi ikan dan kolam sentuh. Untuk wahana kolam sentuh dan terapi ikan ada tambahan biaya lagi Rp25.000 per orang.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan Lebaran kali ini menjadi momentum tingginya pengunjung Gemboira Loka Zoo karena mudik sudah dibolehkan dan wisata boleh buka. Kendati demikian pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 bahkan ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Level 2.

Total kapasitas Gembira Loka Zoo sebanyak 30.000 orang. Namun Fahmi mengatakan jika angka pengunjung ada 3.000 orang dalam satu waktu maka pengunjung akan disetop sementara, “Tapi itu jarang terjadi karena pengunjung sifatnya sirkulasi, keluar masuk,” ujar Fahmi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Narasi Mendapat Ancaman Setelah Diretas, Diminta Diam atau Mati

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement