Advertisement

Siap Gelar UTBK SNMPTN 2022, UPNVY Hanya Sediakan Ujian Soshum dan Saintek

Lajeng Padmaratri
Kamis, 05 Mei 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Siap Gelar UTBK SNMPTN 2022, UPNVY Hanya Sediakan Ujian Soshum dan Saintek Ilustrasi pelaksanaan UTBK. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) bersiap menjadi salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk tahun ini UPNVY tidak menyelenggarakan tes UTBK Campuran, melainkan Soshum dan Saintek saja.

Jelang pelaksanaan UTBK yang rencananya digelar pada 17 Mei hingga 3 Juni 2022 tersebut, UPNVY akan menjadi salah satu pusat UTBK. Kampus ini pun terus melakukan persiapan untuk menyukseskan ujian masuk perguruan tinggi tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Viral, Mie Gacoan Bantah Pungut Parkir untuk Pejalan Kaki

Koordinator Teknologi Informasi Komputasi (Kortik) UTBK 2022 di UPNVY, Rifki Indra Perwira menjelaskan panitia telah melakukan uji coba nasional UTBK yang diselenggarakan serentak pada 28 April lalu. Menurutnya, kesiapan penyelenggaraan UTBK di UPNVY mencapai 95%.

“Sisanya sebelum hari H akan dilakukan pengecekan ulang terkait kondisi tempat, perangkat, dan sarana-prasarana untuk memastikan pelaksanaan UTBK 2022 dapat berjalan baik,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).

Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK 2022 di UPNVY tercatat sebanyak 3.728 peserta. Sementara kursi mahasiswa baru yang disiapkan ialah sebanyak 4.760 kursi.

"Menurut data yang kami peroleh dari LTMPT [Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi], jumlah peserta yang tes di UPNVY memang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini UPN Veteran Yogyakarta menyediakan 4.760 kursi sedangkan yang terisi hanya 3.728 kursi atau persentase 78,32%,” terang Rifki.

BACA JUGA: Masuk Jalur Cepat Ring Road Utara, 2 Pemotor Tewas Tabrak Truk

Dalam rangka pelaksanaan UTBK 2022, UPNVY telah menyediakan 11 ruangan dan laboratorium komputer di Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Teknik Industri. Seluruhnya berlokasi di Kampus II UPNVY di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Advertisement

Sementara soal syarat untuk mengikuti UTBK 2022 di UPNVY, Rifki menuturkan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya adalah sudah memiliki akun LTMPT; WNI; siswa SMA/MA/SMK/sederajat; lulusan 2020-2022; dan saat pelaksanaan tes harus dalam kondisi sehat.

"Peserta juga diimbau masih tetap menjunjung tinggi protokol kesehatan," kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement