Advertisement

Mulai Pekan Ini, Sekolah di Sleman PTM 100%

Lugas Subarkah
Minggu, 08 Mei 2022 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Mulai Pekan Ini, Sekolah di Sleman PTM 100% Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Setelah libur Lebaran 1443 hijriah, siswa SD dan SMP di Sleman akan kembali masuk sekolah pada Senin (9/5/2022).

Seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, Pemkab Sleman mulai menerapman pembelajaran tatap muka (PTM) 100%.
Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, menjelaskan pada hari pertama masuk sekolah, belum ada kegiatan belajar mengajar (KBM). "Pada 9 Mei, hari pertama. Belum ada KBM tetapi setelah itu PTM 100 persen," ujarnya, Minggu (8/5/2022).

Advertisement

Itulah sebabnya, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di antara para siswa, sebelum masuk sekolah, para orang tua siswa diminta untuk memastikan kondisi kesehatan siswa, khususnya setelah aktivitas selama libur lebaran.

Menurutnya, libur Lebaran berpotensi akan penularan Covid-19. Maka sebelum masuk sekolah, perlu dipastikan kondisi siswa benar-benar sehat. "Kalau ada keluarga yang sakit, sementara tidak usah masuk dulu," ungkapnya.

Sementara untuk jumlah mata pelajaran yang diajarkan setiap hari menurutnya tidak ada pengurangan, tetap sesuai dengan jadwal di kurikulum. Namun untuk durasi jam pelajaran masih tetap belum full, yakni 35 menit setiap jam pelajaran.
Kepala SDN Banyurejo 1, Tempel, Wismana, menuturkan dari evaluasi pelaksanaan PTM 50% selama ini sudah berjalan aman dan lancar.

"Saya selalu kroscek dengan guru setiap hari, ada nggak anak yang sakit. Guru menyampaikan ke anak-anak kalau ada yang sakit agar belajar di rumah," ungkapnya.

Penerapan protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh dan pemakaian masker masih terus diterapkan untuk mendukung pelaksanaan PTM 100%. Untuk vaksinasi, semua guru, tenaga pendidik dan siswa sudah 100%. "Kalau siswa baru dosis kedua," kata dia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement