Proyek Jalan Tol Jogja-YIA Tersendat Lagi, Ini Penyebabnya

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
10 Mei 2022 16:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dokumen perencanaan Izin Penetapan Lokasi (IPL) Tol Jogja-YIA (Gamping-YIA) yang diajukan Kementerian PUPR ke Pemda DIY belum lengkap, salah satunya terkait dengan berkas kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR). 

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan jawatannya sudah melakukan verifikasi terhadap dokumen perencanaan pengajuan IPL yang diajukan oleh Kementerian PUPR ke Gubernur DIY. Hasilnya, berkas yang diajukan belum lengkap, yaitu terkait dengan KKPR.

“Setelah kami verifikasi, dokumen tampaknya belum lengkap. Kekurangannya itu di KKPR,” katanya Krido, Selasa (10/5/2022).

BACA JUGA: Libur Lebaran, Sedikitnya 80.000 Orang Berkunjung ke Jogja

Sebagaimana diketahui, Undang-Undang No.11/2020 Tentang Cipta Kerja memandatkan Implementasi Rencana Tata Ruang dan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) sebagai persyaratan dasar Perizinan Berusaha. Salah satu tujuan UU Cipta Kerja antara lain untuk peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha.

Dengan masih adanya kekurangan tersebut, harapannya segera bisa dipenuhi oleh Pemerintah Pusat sehingga proses IPL Tol Jogja-YIA bisa berjalan sesuai tahapan. “Kami butuh kelengkapan pemberkasan dari Dirjen Bina Marga. Kami menunggu harapannya tidak terlalu lama lagi, kelengkapan itu harus masuk,” ucapnya.

Krido mengatakan timnya di Pemda DIY tetap pararel dalam menindaklanjuti kekurangan tersebut, sehingga proses lain berkaitan dengan tol tetap berjalan. Selain itu koordinasi internal dilakukan untuk membantu penyempurnaan dokumen. Koordinasi ini melibatkan pemerintahan hingga level kapanewon karena berkaitan dengan data sementara lokasi tol.