Advertisement

Pimpin Jogja hingga Setahun ke Depan, Apa Kata Pejabat Ini?

Sunartono
Minggu, 22 Mei 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Pimpin Jogja hingga Setahun ke Depan, Apa Kata Pejabat Ini? Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik Sumadi (kedua dari kanan) menjadi Penjabat Wali Kota Jogja di Bangsal Kepatihan, Minggu (22/5/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Masa jabatan Wali Kota Jogja resmi berakhir, Minggu (22/5/2022). Penerusnya yang berstatus sebagai penjabat akan mengisi sementara sambil menunggu Pilkada 2024. Bagaimana sosok penjabat sementara yang dipercaya memimpin Kota Jogja hingga setahun ke depan itu?

Pejabat eselon II di lingkungan Pemda DIY tersebut adalah Sumadi. Dia dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Bangsal Kepatihan, Minggu.

BACA JUGA: Jogja Bakal Dilanda Kemarau Basah, Ini Dampaknya

Sumadi sejak awal merupakan PNS di ring satu kompleks Kepatihan. Pada 1989 mengawali tugasnya di Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda DIY.

Kemudian di Biro Hukum sebagai Kasubag sampai menembus Kepala Biro. Lalu ditugaskan menjadi Inspektur di Inspektorat. Dia pernah keluar dari lingkaran Kepatihan dengan menduduki kursi Sekda Sleman setelah melalui proses lelang jabatan.

Tetapi karena Pemda DIY banyak kehilangan pejabat senior akibat pensiun, ia kemudian ditarik dari Sleman dan menjadi staf ahli Gubernur selama sekitar setahun lalu berpindah ke Asisten Sekda.

Dia juga pernah menjadi Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY. Selama pandemi memiliki tugas khusus sebagai Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY.

Sumadi mengaku akan turut mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2024 di Kota Jogja. Langkah pertama yang langsung dilakukan usai dilantik adalah berkoordinasi dengan para pejabat di lingkungan Pemkot Jogja.

"Sembari kami juga akan sowan ke Pak Wali dan Wakil Wali Kota periode selanjutnya, untuk berdiskusi kira-kira prioritas apa yang perlu dilanjutkan," katanya.

Dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Jogja tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh Sumadi. Dia menjalankan tugas sebagai ASN mengalir begitu saja.

Advertisement

Informasi pelantikan, bahkan baru ia dapatkan dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Sabtu (21/5/2022).

BACA JUGA: Papan Nama Kampung Bertebaran di Terban

Dia diminta untuk mempersiapkan diri dalam pelantikan Penjabat Wali Kota Jogja. Sebelum ada informasi dari Biro Tapem tersebut, keluarganya sudah ada yang mengetahui desas desus lewat media.

Advertisement

Hanya saja dia mencoba untuk tetap memberikan penjelasan untuk menunggu pengumuman resmi. "Intinya saya diminta siap jadi penjabat, belum tahu detailnya," kata Sumadi saat diwawancara Harianjogja.com, Sabtu.

Kini keduanya sudah dilantik. Mulai hari ini hingga selama setahun ke depan Sumadi akan berkantor di Balai Kota. Banyak pekerjaan rumah menantinya, yakni meneruskan sejumlah pekerjaan rumah yang belum terselesaikan oleh pejabat Wali Kota sebelumnya.

Selamat Bekerja!

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement