Advertisement

DIY Sentuh Nol Kasus Covid-19, Sultan Ingatkan Pandemi Belum Berakhir

Sunartono
Selasa, 24 Mei 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
DIY Sentuh Nol Kasus Covid-19, Sultan Ingatkan Pandemi Belum Berakhir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengingatkan warga DIY agar tetap menaati protokol kesehatan meski kasus Covid-19 mulai melandai.

Sultan mengatakan meski pun mencapai nol kasus disertai dengan BB kasus harian yang terus menurun namun daerah belum berani berspekulasi untuk mengarah ke endemi. Sehingga menurunnya kasus Covid-19 hanya bisa dianggap sebagai kasus yang melandai.

"Kalau tidak tambah [nol kasus] berarti kondisinya kan sudah landai, [bisa menuju ke] endemi, tetapi kita tidak bisa mengatakan DIY sudah endemi itu enggak boleh. Karena ketentuannya yang bisa mengatakan endemi itu hanya WHO. Jadi kita hanya bicaranya landai," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Selasa (24/5/2022).

Berdasarkan Instruksi Mendagri No.26/2022 tentang PPKM yang diterbitkan pada 23 Mei 2022, DIY berada di level 2 PPKM. Di Jawa Tengah ada 32 kabupaten berada di level 2 kemudian Jawa Barat ada 13 kabupaten dan kota, sedangkan Jawa Timur ada 23 kabupaten dan Kota. Begitu juga dengan level PPKM yang berada di level 1 seperti Banten ada dua daerah, Jawa Barat 14 daerah, Jawa Tengah enam daerah dan Jawa Timur ada 13 daerah yang berada di level 1.

Baca juga: Kabar Gembira, Hari Ini Pertama Kalinya DIY Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19

Sultan menegaskan DIY masih berada di level 2 sehingga masih ada ketentuan yang harus ditaati. Oleh karena itu ia meminta agar masyarakat tetap taat prokes.

"Tidak mungkin dikatakan endemi, selama pandemi ini belum dicabut. Gimana, kita [DIY] masih dalam level 2. Berarti masih ada pandemi. Kalau level 1 sudah lebih bebas tetapi level 1 tetap pandemi, tapi dalam beberapa hal keadaan masyarakat dibebaskan, tapi belum dikatakan endemi. Berarti tetap nganggo [memakai] masker, kan gitu," ujarnya.

Sultan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat atas kerja sama dalam menangani Covid-19 hingga bisa menyentuh nol kasus. Wisatawan yang terus melonjak dan kunjungan wisata yang berjubel diharapkan tidak berdampak pada kenaikan kasus.

"Terima kasih [partisipasi masyarakat] kemarin bisa nol kasus, kemudian yang sembuh ada satu kasus. Karena memang yang di rumah sakit makin kecil otomatis memang yang diswab pun juga makin sedikit. Saya kira kasus aktif terus menurun, tetapi mayoritas kan OTG berarti tidak di rumah sakit. Semoga Sabtu Minggu kemarin penuh orang moga-moga enggak naik," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement