Advertisement

Gapensi Kota Jogja Minta Aturan agar Lelang Proyek Tidak Jor-joran

Yosef Leon
Rabu, 25 Mei 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Gapensi Kota Jogja Minta Aturan agar Lelang Proyek Tidak Jor-joran Ketua Gapensi Kota Jogja, Haryanto (kiri), memberikan cinderamata kenang-kenangan kepada eks Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi dalam syawalan Gapensi Kota Jogja pada Rabu (25/5/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Kota Jogja meminta kepada pemerintah setempat untuk membuatkan regulasi soal teknis penawaran lelang. Skema yang berlaku saat ini, yakni pemenang tender diperoleh oleh penawar terendah ditakuti akan membuat hasil dari proyek fisik tidak optimal. 

Ketua Gapensi Kota Jogja, Haryanto, mengatakan selama ini proses pemenang lelang ditentukan oleh kontraktor yang menawar dengan harga terendah. Jika segala persyaratan terpenuhi otomatis sistem akan memenangkan kontraktor dengan penawaran terendah. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Tadi kami sampaikan ke pemerintah kalau ada regulasi buatkan regulasi saja supaya benar-benar harga itu juga wajar dinilai. Kalau sekarang sudah sampai di atas 30 persen kan sangat luar biasa, nanti hasilnya seperti apa," katanya saat syawalan Gapensi Kota Jogja, Rabu (25/5/2022). 

Pihaknya juga mengeluh soal minimnya pengusaha lokal yang terlibat dalam proyek infrastruktur di wilayah setempat. Dari lima atau enam proyek fisik di tahun 2022 ini hanya tiga atau empat yang dimenangkan oleh anggota Gapensi. 

"Harapan kami yang di kota ini benar-benar bisa merasakan tapi tidak dengan cara menawar jor-joran paling rendah," jelasnya. 

Ketua DPRD Kota Jogja, Danang Rudiyatmoko, mengajak para pelaku usaha untuk mengikuti skema kerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Menurutnya telah ada aturan teknis yang benar berkaitan dengan lelang proyek fisik. 

Danang berharap agar semua lelang proyek fisik telah selesai pada triwulan pertama atau di awal tahun. Dengan demikian, proses penyusunan APBD Perubahan bisa rampung pada Agustus dan semua proyek fisik bisa selesai di akhir tahun. 

"Alurnya kan sudah jelas, sehingga kami minta teman-teman pengusaha juga ikut serta. Saya harap semua lelang bisa selesai di awal tahun dan laporan keuangan bisa disetorkan pada Maret agar bisa segera diperiksa BPK. Selama ini kan molor terus jadi berdampak ke semuanya," ujar Danang. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tarif Ojek Online Akan Ditentukan Gubernur, Begini Tanggapan Ojol

News
| Rabu, 30 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement