Advertisement

Pilih Caleg, Perindo DIY Libatkan Pihak Independen saat Survei Internal

Sunartono
Senin, 06 Juni 2022 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Pilih Caleg, Perindo DIY Libatkan Pihak Independen saat Survei Internal Ketua DPW Partai Perindo DIY Yuni Astuti (kanan). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Partai Perindo menggelar survei internal dengan melibatkan dari pihak independen untuk penempatan calon legislatif (caleg) dalam Pemilu 2024.

Ketua DPW Partai Perindo DIY, Yuni Astuti menjelaskan saat ini sudah ada 163 caleg yang akan maju dalam Pileg 2024 lewat partainya. Penempatan caleg adakan ditata berdasarkan survei internal yang akan digelar. Dari hasil survei yang digelar oleh DPP ke daerah tersebut, caleg yang memiliki potensi untuk terpilih akan diberikan dukungan penuh dari DPP Perindo.

"Caleg yang kami ajukan ke DPP akan disurvei secara internal. Sepak terjang caleg di masyarakat seperti apa nanti akan terlihat," katanya Senin (6/6/2022).

BACA JUGA: Haryadi Suyuti Kena OTT KPK, Sultan: Mas Haryadi Sudah Langgar Janjinya Sendiri

Perindo DIY telah dinyatakan lolos verifikasi secara administratif, selanjutnya akan mengikuti tahapan verifikasi faktual oleh KPU pada Agustus mendatang. Sejalan dengan verifikasi faktual ini partai ini melakukan survei caleg.

Yuni mengatakan nama-nama caleg yang sudah masuk tersebut diajukan ke DPP untuk disurvei dari sisi rekam jejaknya di masyarakat. Meski survei dilakukan oleh DPP namun melalui koordinasi dengan DPW serta DPD di DIY.

"Lewat survei ini caleg tidak bisa bohong, misalnya dia menyampaikan punya basis massa sekian, nanti bisa dilihat lewat hasil survei akan kelihatan benar tidaknya," katanya.

Melalui survei pula caleg yang tidak potensial di dapil yang diinginkan akan ditempatkan di dapil lain yang sesuai. Dia menjamin survei tersebut dilakukan secara objektif karena melibatkan tim independen.

"Kalau misalnya tidak potensial yang kami sampaikan misalnya dia ternyata lebih cocok di dapil A tentu akan kami tata untuk di dapil A, jika itu berdasarkan hasil survei. Tidak ada rekayasa kalau hasil survei jadi sangat objektif dan kami harus menggunakan itu sebagai referensi," katanya.

BACA JUGA: Inisiasi Pembangunan 3R G2RT sebagai Ikon Monumental Ekosistem G2R Tetrapreneur

Advertisement

Sekjen Perindo DIY, Ahmad Rofiq menyatakan secara nasional partainya juga dalam proses menuju penyelesaian syarat untuk verifikasi faktual. Adapun Perindo DIY telah menuntaskan syarat verifikasi sehingga tinggal maju nanti secara faktual yang dilakukan KPU.

Selain itu telah memiliki nama-nama caleg yang siap dikerahkan untuk konsolidasi politik untuk menuju 2024. "Secara nasional lolos parliamentary threshold itu menjadi keharusan, setidaknya dari 80 dapil 75 persen terkuasai," ucapnya.

Survei caleg dan dapil ke daerah akan dilakukan mulai Juli 2022 hingga empat bulan ke depan. "Lewat survei ini harapannya bisa mendapatkan kursi yang maksimal di parlemen," ujar Rofik.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement