Advertisement

Zona-Zona Bisnis di Jogja, dari Bakul Kembang hingga Naptol Jeans. Cek Lokasinya!

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 09 Juni 2022 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Zona-Zona Bisnis di Jogja, dari Bakul Kembang hingga Naptol Jeans. Cek Lokasinya! Lapak bunga tabur untuk ziarah milik Atun sudah sejak lama dirintis oleh ibunya sejak awal Pasar Kranggan berdiri puluhan tahun silam, Selasa (3/7). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Model berjualan yang mengelompok di satu tempat atau zona memudahkan konsumen untuk mencarinya. Model bisnis seperti ini banyak diterapkan oleh pedagang-pedagang di Jogja. 

Para pedagang sejenis menempati satu tempat yang sama. Mereka berjajar-jajar membuka usahanya. Costumer yang datang bisa memilih ke toko mana ia akan membeli. 

Banyak spot-spot bisnis atau zona bisnis di Jogja, mulai dari zona emas, bunga, hingga kacamata. Mau tahu tempatnya? Simak ulasan berikut ini: 

- Emas

Zona emas atau pusat perdagangan emas di Jogja ada di Kampung Ketandan, Jogja. Kampung yang terletak di sebelah utara Pasar Beringharjo ini menyediakan emas dengan ukuran dan jenis yang beragam. Ada emas putih, ada pula emas kuning.

Di sepanjang jalan Ketandan, rumah-rumah pedagang emas saling berhadapan. Mereka menawarkan emas dengan harganya masing-masing. Kebanyakan dari mereka adalah kaum Tionghoa. 

- Naptol Jeans

Jeans lama bisa menjadi baru dengan mendatangi pusatnya di daerah Jalan Dr. Sardjito, tepatnya Supermarket Manna Kampus ke barat. Di situ para penjahit berjajar membuka usahanya. Mereka menduduki bangunan nonpermanen dari kayu. 

Tidak hanya naptol jeans, mereka juga menawarkan jasa vermak jeans hingga menjahit kain. 

- Pigura

Pusat bisnis pigura di Jogja terletak di Jalan Colombo, tepatnya di selatan Masjid Kampus UGM. Dari Bundaran UGM, bisa menuju arah timur sekitar 300 meter dan akan menemukan pusat bisnis tersebut di utara jalan. 

Persis di simpang empat Colombo tersebut, banyak pengusaha pigura menawarkan hasil karyanya. Selain pigura, mereka juga menawarkan jasa melukis wajah, cermin, hiasan dinding, dan kerajinan lainnya dari kayu. 

- Kacamata

Tepat di sebelah selatan kompleks Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) atau di Jalan Colombo Jogja, terdapat pusat bisnis kacamata. Bukan berjualan dengan bangunan permanen, pedagang kacamata di sini adalah pedagang kacamata kaki lima.

Advertisement

Harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan harga kacamata di optik sehingga tidak jarang pedagang kacamata di seputaran Jalan Colombo ini sering kelarisan. 

- Bunga potong

Untuk mendapatkan rangkaian bunga hidup atau bunga potong di Jogja tidaklah sulit. Anda bisa mendatangi kawasan Kotabaru tepatnya di Jalan Ahmad Jazuli. Di sepanjang jalan itu, puluhan pedagang banyak menjajakan dagangannya. 

Mereka menata bunga-bunga di tokonya. Ada bunga mawar putih, mawar merah, krisan, aster, sedap malam, philo, garbera, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menawarkan rangkaian bunga untuk ucapan dukacita. 

Advertisement

-  Bunga tabur

Jika pusat bisnis bunga potong ada di Kota Baru, pusat bunga tabur ada di kawasan Pasar Kranggan. Bunga tabur adalah bunga yang digunakan untuk ziarah kubur atau nyekar.

Pasar Kranggan memiliki banyak pedagang bunga tabur yang tersebar di beberapa titik. Ada yang berjualan di area muka pasar, ada pula yang berjualan di sebelah timur pasar. Pengunjung dapat memilih bunga tabur yang diinginkan, bisa mawar saja atau komplit. Biasanya pedagang akan menanyakan, bunga tabur akan digunakan untuk nyekar kaum pria atau perempuan. Hal itu karena jenis bunga yang diberikan akan berbeda. 

- Helm

Anak muda di Jogja pasti tahu dimana lokasi pusat pedagang helm. Ya, di Kota Baru, tepatnya di sisi selatan Gereja Antonius Kotabaru. Di sepanjang trotoar itu banyak pedagang helm yang menjajakan dagangannya.

Pengunjung tinggal memilih karena pedagang menyediakan helm dari berbagai merek dan harga. Mau helm murah atau mahal, semuanya ada. Tidak hanya helm, pedagang juga menyediakan kaus tangan hingga slayer atau penutup muka. 

Advertisement

- Piala

Pusat pembuatan tropi atau piala di Jogja ada di Jalan Mas Suharto Jambu Jogja. Di sepanjang jalan itu para pembuat tropi sudah memajang produknya dalam kiosnya masing-masing. 

Konsumen dapat memilih model yang diinginkan. 

Nah, itulah zona-zona bisnis di Jogja. Anda butuh yang mana, langsung datangi saja lokasinya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 14 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musim Liburan, Begini Kondisi Kasus Covid-19 di DIY

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement