Advertisement

Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 27 Juni 2022 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan Tangkapan layar seorang perempuan mengaku heran dengan arah mata angin. - Instagram @merapi_uncover.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak semua orang bisa membaca arah mata angin saat berada di tempat yang baru. Seperti perantau yang satu ini. Ia heran dengan orang Jogja yang selalu mengandalkan arah utara selatan saat menunjukkan tempat. 

Senin (27/6/2022) pagi, akun Instagram @merapi_uncover mengunggah video TikTok @estherlubis. Dalam video itu, seorang perempuan yang mengaku perantau dan berkuliah di Jogja bingung dengan kebiasaan masyarakat Jogja yang selalu pakai arah utara, selatan, barat dan timur saat menjelaskan arah ke suatu lokasi. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ia heran mengapa mereka tidak menggunakan kanan dan kiri saja yang lebih mudah dimengerti. "Hal yang gue bingungin waktu gue merantau di Jogja itu cuma satu, arah jalan, oke?" kata dia tegas. 

Perempuan berambut panjang itu heran masyarakat Jogja jarang menggunakan kata kanan dan kiri, tetapi selalu menyebut dengan arah mata angin. Mereka disebutnya selalu berpatokan dengan Gunung Merapi yang berada di utara. 

Baca juga: Taylor Swift Rilis Lagu Baru Berjudul Carolina

"Orang itu enggak pake kanan kiri, mereka pakai utara selatan. Kalau utara udah pasti Gunung merapi, selatan gue ga tau di mana," lanjut dia. 

Bahkan saat tanya lokasi salah satu toko modern, orang yang ditemuinya juga menjelaskan arahnya dengan utara dan selatan. 

"Kebayang engggak sih lu mau ke Indomaret aja harus baca arah mata angin," tulisnya.

Advertisement

"Aku ga ngerti kalau ke Indomaret kenapa enggak kanannya lagi kanannya lagi, kan gampang ya mudah ya. kenapa harus bilang utaranya lagi utaranya lagi," kata dia sambil menjulurkan lidahnya.

Advertisement

Teman si perempuan dalam video itu juga sudah banyak membantu menjelaskan. Kata mereka, dengan menyebutkan arah mata angin akan lebih mudah, konkrit dan patokannya jelas daripada menggunakan kanan dan kiri.  

"Tapi kalau teman-teman gue ngejelasin itu seakan-akan itu mudah, biar patokannya mudah konkrit, utara jelas patokannya Merapi. Tapi awak kan perantau Wak, mana ngerti aku," kata dia. 

Ia pun menyerah karena tetap tidak bisa memahami petunjuk arah yang disampaikan orang Jogja. Padahal, ia sudah berkuliah di Jogja selama tiga tahun. 

"Gue udah tiga tahun kuliah di jogja tapi enggak lulus mata kuliah utara selatan," katanya. 

Advertisement

"Tapi aku yakin lama-lama pasti ngerti kok, aku aja kali yang lemot jadi nggak ngerti-ngerti. Tapi beneran aku nggak ngerti."

Warganet yang melihat tayangan itu pun  berkomentar. Ada yang setuju jika arah mata angin memang lebih akurat daripada arah kanan dan kiri. 

"Lebih akuratt,, kalau kanan kiri ga akurat," tulis salah satu akun. 

Advertisement

"Mata angin kan petunjuk arah neng, ngapain kanan kiri kayak baris berbaris????," tulis yang lain. 

Ada pula yang berkomentar bahwa hal itu sudah menjadi kebiasaan orang Jawa.

"Yo ngono iku kultur e wong jowo ????????," lanjut lainnya. 

Yang lain ada yang mengaku lima tahun baru bisa memahami arah mata angin di Jogja. 

Advertisement

"Samaaakk... Setelah 5th baru ngertiiii....lulus," kata dia. 

Kalau kamu apakah juga bingung dengan arah mata angin kalau di Jogja?

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Telah Temukan Penyebab Kematian Misterius Keluarga di Kalideres

News
| Senin, 05 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement