Advertisement

Merasakan Nuansa Zaman Perjuangan dalam Historical Orchestra di Malioboro

Sirojul Khafid
Selasa, 28 Juni 2022 - 06:17 WIB
Sirojul Khafid
Merasakan Nuansa Zaman Perjuangan dalam Historical Orchestra di Malioboro Pentas Sejarah Historical Orchestra

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja akan menggelar pentas sejarah Historical Orchestra. Berlangsung pada pada Rabu (29/6/ 2022) pukul 18.30 sampai 21.00 WIB, para seniman akan beraksi di Regol Barat Kepatihan Jalan Malioboro Nomor 18 Jogja.

Plh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja, Ratih Ekaningtyas, mengatakan perhelatan Historical Orchestra terakhir kali digelar pada tahun 2019. Kala itu, para penampil membawakan permainan musik orchestra gamelan dengan lagu-lagu perjuangan.

Advertisement

“Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, pentas sejarah historical orchestra tahun ini akan menampilkan kolaborasi orchestra gamelan dengan pertunjukan wayang sejarah yang didukung animasi motion grafis,” kata Ratih, Senin (27/6/2022).

BACA JUGA: Prokes Kendur di Mal Kena Sorotan Sekda DIY

Perhelatan ini juga digelar untuk mendukung peringatan hari bersejarah di Jogja yaitu peristiwa Jogja Kembali. "Tahun ini, Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra mengangkat tajuk spesial Jogja Kembali: Selaras Juang Mataram Menang," katanya.

Pentas musik ini merupakan upaya untuk memberikan ruang kepada seniman di Kota Jogja, khususnya untuk tampil di Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra. Pada perhelatan ini seniman diharapkan menjadi agen dalam menanamkan jiwa patriotisme lewat karya yang ditampilkan.

Akan ada pula penampilan dari seniman Malioboro serta dalang muda yang turut memeriahkan acara ini. Penonton akan diajak untuk merasakan suasana pada masa revolusi perjuangan kemerdekaan Indonesia lewat alunan orchestra dan wayang yang ditampilkan.

BACA JUGA: Beli Migor dengan Pedulilindungi, Pedagang Sembako di Bantul Belum Disosialisasi

Selain itu, pertunjukan ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah bangsa Indonesia, serta sarana dalam menanamkan nasionalisme dalam diri generasi muda. Pentas Sejarah Historical Orchestra merupakan manifesto dari sinergi kebudayaan dan eksistensi Jogja sebagai kota perjuangan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement