Advertisement

Puluhan Warga Manfaatkan Layanan Eazy Paspor di Ponpes Sunan Pandanaran

Media Digital
Selasa, 28 Juni 2022 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Warga Manfaatkan Layanan Eazy Paspor di Ponpes Sunan Pandanaran Kantor Imigrasi Yogyakarta melakukan jemput bola pembuatan Eazy Paspor di Ponpes Sunan Pandanaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Selasa (28/6/2022)-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

SLEMAN- Kantor Imigrasi Yogyakarta melakukan jemput bola pembuatan Eazy Paspor di Ponpes Sunan Pandanaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Selasa (28/6/2022). Ini merupakan Ponpes pertama yang mengikuti pelayanan kolektif pembuatan parpor di Sleman.

Kepala Subseksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Faried Apriandi mengatakan Eazy Paspor merupakan layanan kolektif pembuatan paspor yang dilakukan Kantor Imigrasi. Dengan layanan ini, pemohon tidak perlu berdatangan ke kantor imigrasi karena proses verifikasi dan pemotretan dilakukan di lokasi di mana si pemohon mengajukan layanan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti program Eazy Paspor ini sangat tinggi. Bulan Juni tahun ini, ada empat kali permohonan masyarakat yang diajukan untuk kegiatan Eazy Paspor ini," katanya di sela kegiatan.

Faried mengatakan, layanan Eazy Paspor di Ponpes Sunan Pandanaran merupakan yang pertama kali digelar di kalangan pondok pesantren. Sebelumnya, Kantor Imigrasi Yogyakarta juga menggelar layanan serupa di Kampus ISI Jogja. Bila di Ponpes Pandanaran pembuatan paspor dibutuhkan untuk melaksanakan umrah, maka di Kampus ISI digunakan permohonan yang diajukan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

"Untuk mendapatkan layanan eazy paspor ini cukup mudah. Tinggal mengajukan ke kami, minimal 30 orang pemohon atau lebih banyak jauh lebih baik. Prosesnya juga cepat, dokumen kami upload dulu di kantor saat di lokasi tinggal pemotretan, sidik jadi dan untuk kebutuhan verifikasi data," jelasnya.

Perwakilan dari PT Aliston Buana Wisata (Tour and Travel) Haris Ahmad mengatakan layanan Eazy Paspor sangat memudahkan para calon jemaah umrah untuk membuat paspor. Apalagi, katanya, banyak calon jemaah umrah yang sudah berusia lanjut. Menurut Imam, layanan paspor tersebut diikuti sekitar 60 orang calon jemaah umrah.

"Layanan eazy paspor ini sangat memudahkan jemaah umrah kami. Prosesnya cepat, data kami kumpulkan lebih dulu saat ini tinggal proses verifikasi. Jadi tidak jauh-jauh ke kantor Imigrasi," katanya.

Dia berharap layanan tersebut akan menjadi agenda rutin Ponpes Sunan Pandanaran. Alasannya, selain memberikan kemudahan bagi pemohon, layanan Eazy Paspor tersebut juga menghemat tenaga dan biaya. "Ini pertama kali kami menikmati pelayanan ini. Kami tahu layanan ini melalui aplikasi imigrasi. Mungkin ke depan bisa lebih sering disosialisasikan kepada masyarakat," katanya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement