Advertisement

Pimpinan UMY Beri Motivasi Langsung Dosen yang Sedang Studi S3 di Eropa

Media Digital
Rabu, 29 Juni 2022 - 11:27 WIB
Budi Cahyana
Pimpinan UMY Beri Motivasi Langsung Dosen yang Sedang Studi S3 di Eropa Rektor UMY Prof Dr Gunawan Budianto MP IPM (kiri) saat monitoring dan evaluasi dilakukan di kantor Kedutaan Besar Indonesia di Spanyol yang berada di Madrid, Sabtu (25/07 - 2022) pagi waktu setempat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pimpinan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan monitoring dan evaluasi dosen studi lanjut di sejumlah negara di Eropa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau progres studi dan sekaligus memberikan motivasi para dosen yang sedang mengambil program doktoral atau S3.

Monitoring dan evalusasi dilakukan langsung oleh Rektor UMY Prof Dr Gunawan Budianto MP IPM, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Sukamta ST MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Internasional Prof Dr Ahmad Nurmandi, Kepala Lembaga Pengembangan Karier dan SDM  Dr Adhianty Nurjanah, Kepala Lembaga Riset dan Inovasi Prof Dr Dyah Mutiarin dan Kepala Lembaga Kerjasama Internasional Fitri Arofiati PhD. Para pimpinan UMY tersebut bertemu secara langsung dengan para dosen. Acara monitoring dan evaluasi studi lanjut S3  ini juga dipantau langsung oleh Wakil Rektor Bidang SDM Prof Dr Nano Prawoto yang mengikut secara daring dari Indonesia. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Saat ini terdapat belasan dosen UMY yang menempuh studi lanjut di sejumlah universitas terkemuka di Madrid, Barcelona Spanyol, dan juga di Belanda serta Jerman. 

Kegiatan monitoring dan evaluasi studi lanjut dimulai pada  24- 27 Juli 2022. Pada hari pertama monitoring dan evaluasi dilakukan di Madrid yang diikuti dosen yang menempuh studi lanjut di Madrid dan Barcelona. Monitoring dan evaluasi dilakukan di kantor Kedutaan Besar Indonesia di Spanyol yang berada di Madrid, Sabtu (25/07/2022) pagi waktu setempat. Rombongan Pimpinan UMY diterima langsung oleh Minister Counselor Bayu Hari Saktiawan. Seluruh dosen yang studi di Madrid dan Barcelona hadir dalam acara itu.  

Selanjutnya monitoring dan evaluasi  dilakukan di Belanda pada Senin (27/07/2022) pagi waktu setempat. Monitoring dan evaluasi studi lanjut di Belanda diikuti dosen yang menempuh studi lanjut di Belanda dan Jerman. 

Rektor UMY Prof Dr Gunawan Budianto MP IPM mengaku senang dapat bersilaturahmi dan menyapa secara langsung para dosen yang sedang studi lanjut. Dengan pertemuan tersebut dapat diketahui perkembangan dan tahapan studi para dosen. 

“Saya senang sekali bisa bertemu langsung dengan bapak dan ibu yang sedang studi ldi Eropa. Dengan pertemuan ini kami bisa mengetahui sejauh mana progres studi para dosen, tahapannya sampai mana, dan juga kendalanya seperti apa. Yang penting dalam pertemuan ini kita juga bisa bersilaturahmi langsung setelah sekian lama tidak bertemu. Alhamdulillah semua sehat. Dari acara ini kami juga mencari dosen-dosen muda yang mampu berkompetisi secara global,” ujar Gunawan.

Rektor UMY tersebut juga memberikan semangat dan motivasi agar para dosen yang sedang menempuh studi lanjut bisa selesai tepat waktu dan bisa kembali bergabung di UMY untuk bersama-sama membesarkan UMY. Para dosen yang menempuh studi lanjut adalah para generasi penerus pimpinan UMY. “Saya doakan studinya lancar, selesai tepat waktu dan bisa kembali ke UMY,” tegas Rektor.

Advertisement

Wakil Rektor Bidang SDM UMY Prof Dr Nano Prawoto yang mengikuti monitoring secara daring juga turut memberikan semangat kepada para dosen yang sedang menempuh studi lanjut. Dia berharap para dosen aktif menjalin komunikasi dengan UMY terkait dengan studi yang dijalani. 

“Kami berharap kita terus berkomunikasi. Termasuk apabila ada kendala-kendala yang dihadapi. Harapan kami, bapak ibu semua bisa diberi kelancaran studi dan bisa cepat selesai,” ujar Nano.

Kepala Lembaga Pengembangan dan Karier SDM Dr Adhianty Nurjanah mengatakan saat ini ada  68 dosen UMY yang menempuh studi lanjut di luar negeri dan 96 dosen studi di Indonesia. Khusus di Eropa, ada sembilan dosen yang studi di Spanyol yakni di Madrid dan Barcelona. Di Belanda ada empat dosen dan di Jerman ada empat dosen. 

Advertisement

“Monitoring dan evaluasi ini dilakukan secara rutin oleh Lembaga Pengembangan Karir dan SDM UMY baik yang di dalam negeri maupun luar negeri. Kami selalu memantau tahapan para dosen yang mengambil studi lanjut ini. Dari kegiatan ini kami bisa tahu tahapan studinya, apakah tahapannya masih teori, proposal, sudah pada tahap riset atau hampir selesai studinya,” ujar Adhianty.

Para dosen yang sedang studi lanjut di Eropa mengaku senang bisa bertemu langsung dengan pimpinan universitas. Dengan adanya monitoring dan evaluasi tersebut menunjukkan adanya kepedulian yang besar para pimpinan UMY terhadap dosen studi lanjut. 

“Motivasi dan perhatian dari pimpinan UMY ini menambah semangat dalam menjalani studi,” ujar Dianita Sugiyo yang masih studi lanjut doktoral di Jerman. (***)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

4 Negara di Asia Tenggara Akan Klaim Kebaya ke UNESCO, Kok Bisa?

News
| Sabtu, 26 November 2022, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement