Advertisement

SMK Koperasi Komitmen Cetak Kader Muda Perkoperasian

Media Digital
Kamis, 30 Juni 2022 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
SMK Koperasi Komitmen Cetak Kader Muda Perkoperasian PPDB di SMK Koperasi Jogja, Selasa (28/6/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Koperasi membuka proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 sampai dengan Juli mendatang. Sekolah ini berkomitmen mencetak kader muda koperasi untuk membuat transformasi di masyarakat selepas lulus sekolah.

Kepala Sekolah SMK Koperasi Edy Susanto menjelaskan ekonomi koperasi merupakan amanat dari Undang-undang Dasar 1945 di Pasal 33. Menurutnya, ekonomi yang berkembang saat ini belum mencerminkan semangat yang diinginkan oleh bapak bangsa terdahulu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Oleh karenanya, kebangkitan ekonomi koperasi perlu dikembangkan lewat kompetensi murid dan juga kader muda perkoperasian. Hal ini juga jadi komitmen Pancasila yang tertuang dalam sila kelima. “Kami ingin mewujudkan insan koperasi yang berkarakter, profesional dan berwawasan lingkungan,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Edy menyebut ada tiga profil lulusan yang ingin diciptakan sekolah kepada para murid. Pertama, ingin menciptakan kader muda koperasi dan bisa mengembangkan koperasi di masyarakat. Kedua, menjadi tenaga kerja yang handal serta kompeten dan bisa memenuhi kebutuhan dunia usaha. Ketiga, bisa menjadi pengusaha yang tangguh.

“Karena idealnya negara yang maju ada peran pengusaha di sana,” ucap dia.

Ketua PPDB SMK Koperasi Endang Nurtyas Yulia menyampaikan tahun ini menargetkan mampu menampung sebanyak mungkin murid baru. Meskipun begitu idealnya murid baru yang ditampung adalah sebanyak enam kelas dengan rincian masing-masing jurusan sebanyak dua kelas.

“PPDB kami buka sampai Juli mendatang, murid atau orang tua yang berminat bisa langsung datang ke sekolah pada jam kerja dari Senin sampai Sabtu,” ujarnya.

Ada tiga jurusan yang dibuka di sekolah tersebut yakni Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), serta Desain Komunikasi Visual (DKV).

Advertisement

“Kami berikan potongan uang sekolah Rp1 juta bagi murid yang mendaftar pada Juni ini. Selain itu juga ada beasiswa dari pemerintah dan beasiswa berprestasi kepada murid,” kata dia.

Sekolah ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti laboratorium foto dan video, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, serta sejumlah ekstrakurikuler yang menarik.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca DIY: Siang dan Malam Berawan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement