Advertisement

Syukurlah, Anak-Anak Gunungkidul Penderita Kanker Kini Diantar-Jemput Ambulans

Sunartono
Minggu, 03 Juli 2022 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Syukurlah, Anak-Anak Gunungkidul Penderita Kanker Kini Diantar-Jemput Ambulans Penandatangan kerja sama pemberian fasilitas transportasi bagi belasan anak penderita kanker di Hotel Royal Ambarrukmo, Minggu (3/7/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Belasan anak penderita kanker dari Gunungkidul diberikan fasilitas transportasi setiap menjalani kemoterapi di RSUP Sardjito. Selama ini anak-anak tersebut harus naik sepeda motor ketika menjalani perawatan.

Fasilitasi itu dilakukan sejumlah elemen swasta terdiri atas Lazis NU, Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI), organisasi Lions Club dan Hotel Royal Ambarrukmo.

BACA JUGA: Murid Sekolah di Jogja Bakal Dites Covid-19 Seusai Liburan

Ketua Lazis NU, Mambaul Bahri menjelaskan kegiatan penandatanganan kerja sama antara Lazis NU, Lions Club dan Hotel Royal Ambarrukmo murni untuk kegiatan sosial di bidang kesehatan terutama membantu anak kanker yang ada di Gunungkidul.

Sebagian besar penderita kanker usia anak yang difasilitasi ini menderita leukemia sehingga pengobatan akan dilakukan sebanyak 115 kali kemoterapi atau sekitar dua tahun. Padahal tempatnya tergolong jauh sehingga harus difasilitasi transportasi sebagai kebutuhan pokok mereka.

"Ada 18 anak yang akan kami antar-jemput pakai ambulas. Ini adalah awal semoga ke depan bisa ditambah lagi jumlah anak yang ditangani," katanya kepada wartawan di sela-sela penandatanganan kerja sama di Hotel Royal Ambarrukmo, Minggu (3/7/2022).

BACA JUGA: Libur Sekolah, Kunjungan ke Taman Pintar Jogja Diprediksi Membeludak

Executive Board Advisor YKAI Satia Indrarini menambahkan saat ini organisasinya sudah membantu 5.000 anak di seluruh Indonesia untuk menjalani perawatan.

Di Jogja mereka mendapatkan perawatan di RSUP Sardjito. Kerja sama dengan rumah sakit milik pemerintah terus dilakukan agar dapat memfasilitasi anak dari keluarga kurang mampu.

"Dari keterangan yang kami dapatkan di lapangan ini, mereka dari Gunungkidul rata-rata harus menjalani kemoterapi di Sardjito dan pulang pergi pakai motor. Ini kami upayakan agar bisa diantar pulang dan pergi pakai mobil mulai saat ini. Biasanya habis kemoterapi itu kan lemas, kasihan kalau anak ini tertidur saat perjalanan di motor," ujarnya.

Advertisement

Melalui fasilitas tersebut anak-anak kanker berasal dari Gunungkidul mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal. Sehingga mereka lebih tenang selama perjalanan saya kemoterapi. Mengingat jumlah anak penderita cukup banyak

"Saat ini sedang konsentrasi membantu anak yang menderita kanker dari kabupaten Gunungkidul. Melalui kolaborasi ini anak-anak tersebut diberikan fasilitas penanganan kesehatan. Salah satunya menjamin transportasi mereka dari rumah hingga ke Sardjito pulang dan pergi," kata Fransica Diwanti dari Lions Club.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement