Advertisement

Sultan Jalani Tes Kesehatan untuk Syarat Ditetapkan Lagi Jadi Gubernur DIY

Sunartono
Jum'at, 01 Juli 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Jalani Tes Kesehatan untuk Syarat Ditetapkan Lagi Jadi Gubernur DIY Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Bangsal Amarta RSUP Sardjito, Jumat (1/7/2022) - Ist/Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menjalani pemeriksaan kesehatan di Bangsal Amarta RSUP Sardjito, Jumat (1/7/2022). Pemeriksaan itu dilakukan untuk syarat proses penetapan dan pelantikan lima tahunan Gubernur dan Wagub DIY.

Sebagaimana diketahui jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan berakhir pada 10 Oktober 2022 mendatang. Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X kembali akan dilantik sebagai pasangan kepala daerah DIY. Hal ini sebagai amanat Undang-Undang Keistimewaan DIY Nomor 13 Tahun 2012, di mana jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dilakukan dengan penetapan, bukan pemilihan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sultan mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan untuk memenuhi persyaratan. Mengingat tahapan pelantikan akan dimulai pada Agustus 2022 mendatang.

BACA JUGA: Kehilangan Rp1,3 Miliar akibat Investasi di Bittorent Trust, Seorang Warga DIY Lapor Polisi

“Saya bersama Bapak Wagub di Sardjito ini dalam rangka memenuhi persyaratan, bahwa nanti saya maupun Pak Wagub di awal Agustus. Jadi ini untuk memenuhi persyaratan diajukan kembali untuk lima tahun yang akan datang," katanya kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan, Jumat.

HB X menyatakan tidak ada persiapan khusus untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Pengecekan kesehatan itu dilakukan seperti pada umumnya, namun dirinya sempat berpuasa untuk menunjang pemeriksaan.

"Saya kira biasa saja namanya tes kesehatan, saya kira sama saja. Hanya saja untuk mata. Tidak [tak ada persiapan khusus] hanya puasa saja, kan untuk pemeriksaan darah rutin kan gitu," ucapnya

Sultan memastikan dirinya tidak ada keluhan terkait kesehatan dan dalam keadaan sehat. "Belum nanti ada keterangan tersendiri. Tidak ada keluhan, sehat saya," ujarnya.

Advertisement

Ketua Tim Medis Pemeriksaan Kesehatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Dewa Putu Pramantara menjelaskan tahapan itu dilakukan seperti halnya general check up pada umumnya. Ada empat dokter spesialis yang dilibatkan untuk memeriksa kesehatan Gubernur dan Wagub DIY. Selain itu untuk menunjang pemeriksaan, dilakukan tes laboratorium secara lengkap, rekam jantung dan Rontgen foto toraks.

"Dalam pemeriksaan ini melibatkan dokter spesialis penyakit dalam, spesialis mata, THT dan psikiater. Prosesnya seperti check up biasa, itu sesuai SOP general," katanya.

Dewa memastikan tidak ada keluhan terkait kesehatan Sultan, hasil pemeriksaan secara keseluruhan tergolong baik. Namun secara detailnya masih menunggu hasil laboratorium. Proses berjalan lancar dan tidak ada keluhan, hasilnya tergolong privasi tetapi tim nanti yang bertanggung jawab ini untuk keperluan selanjutnya.

Advertisement

"Wagub sama juga, sehat tidak ada keluhan. Laboratorium kan hasilnya menunggu, untuk mata THT tidak lama. Memang harus puasa untuk menunjang beberapa tes seperti darah urine," ucapnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berdarah Kulonprogo, Ini Profil Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement