Advertisement

Antisipasi Penyebaran PMK, Peternak: Beli Hewan Kurban Sebaiknya saat Hari H atau H-1 Saja

Anisatul Umah
Minggu, 03 Juli 2022 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Penyebaran PMK, Peternak: Beli Hewan Kurban Sebaiknya saat Hari H atau H-1 Saja Ilustrasi sapi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Peternak di Sleman terus mewaspadai penularan penyakit mulut dan kuku (PMK). Terlebih kini menjelang Iduladha. 

Peternak Domba Kambing Sleman dari Merapi Farm, Taufik Mawaddani mengatakan Meski penjualan masih dilakukan secara luring, tetapi kunjungan pembeli ke kandang tetap dibatasi demi mencegah penularan PMK. Sementara untuk penjualan secara daring, pembeli bisa melihat foto dan video ternak sebelum ditransfer.

"Pembeli dalam jumlah banyak, kami sarankan belinya saat hari H atau H-1 malam, sehingga tidak ditampung terlalu lama, sehingga risiko penyebaran PMK bisa diitekan," kata dia, Minggu (3/7/2022).

BACA JUGA: Sepekan Jelang Iduladha, Penjualan Hewan Kurban di Sleman Masih Drop 55%

Peternak di Sleman menyebut penjualan hewan kurban tahun ini menurun akibat penyakit mulut dan kuku (PMK). Ketua Kelompok Peternak Taruna Mandiri, Ngemplak, Sleman Minto Hartono mengatakan biasanya dalam sebulan penjualan ternak bisa mencapai 40-45 ekor.

Akan tetapi saat ini penjualannya hanya 18 ekor. Padahal perayaan Iduladha tinggal sepekan lagi. Jika dihitung penjualan dari 40 ekor menjadi 18 ekor artinya ada penurunan sekitar 55%.

"Biasanya 40-45 ekor. Kalau sekarang cuma laku 18 ekor aja. Covid-19 ini sebenarnya juga ada pengaruhnya, dibandingkan dua tahun lalu jelas ada bedanya sebelumnya 45 ekor habis dalam sebulan," ucap dia, Minggu.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement