Advertisement

Sudah Selesai, Kapan Jembatan Kretek II di JJLS Bantul Bisa Dilewati Masyarakat?

Ujang Hasanudin & Sunartono
Kamis, 14 Juli 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Sudah Selesai, Kapan Jembatan Kretek II di JJLS Bantul Bisa Dilewati Masyarakat? Wisatawan naik perahu di Sungai Opak di sekitar Jembatan Kretek II, Kretek, Bantul, Rabu (30/3/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jembatan Kretek II yang menyambungkan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di atas Sungai Opak atau Laguna Pantai Depok, Bantul, sudah selesai dibangun dan tinggal disempurnakan. Jembatan ini bisa dilewati masyarakat pada Agustus nanti.

Pembangunan Jembatan Kretek II sudah beres. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hanya tinggal membuat trotoar atau jalur pejalan kaki, marka jalan, dan taman.

BACA JUGA: JJLS Ditarget Rampung Medio 2024, Ini Tantangan yang Harus Dihadapi Pemerintah

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Andika Jati Baskoro, Koordinator Keselamatan Kontraktor Pembangunan Jembatan Kretek II mengatakan secara umum konstruksi Jembatan Kretek II sudah jadi. Penerang jalan dan rambu-rambu lalu lintas juga sudah terpasang, “Tinggal pemasangan batu andesit di jalur pedestrian, dan taman di sisi selatan jembatan,” kata dia, Kamis (14/7/2022)

Ia menargetkan jembatan akan selesai sempurna akhir bulan ini atau awal bulan depan. Jembatan tersebut rencnanya akan diresmikan dan dioperasionalkan pada 17 Agustus mendatang oleh Pemerintah Pusat.

“Sementara jembatan masih tutup dan akan diresmikan 17 Agustus,” ucap Andika.

Jalur Pansela

Jembatan Kretek II adalah bagian dari JJLS atau Jalur Pantai Selatan (Pansela). Kementerian PUPR menargetkan pembangunan JJLS di DIY tuntas pada pertengahan 2024 mendatang. Saat ini proses konstruksi sedang dikebut oleh Pemerintah Pusat melalui unitnya yang berada di DIY.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah (Jateng)-Yogyakarta Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Javid Hurriyanto mengatakan Pansela merupakan jaringan jalan di bagian selatan Pulau Jawa dengan total panjang 1.547 kilometer dan sampai saat ini sudah 1.164 kilometer yang sudah dibangun. Jalan yang belum ditangani dengan standar nasional lebar jalan sekitar 383 kilometer. Secara umum, panjang JJLS untuk area Jateng dan DIY 333,36 kilometer, terdiri atas Jateng 212,53 km dan DIY 120,83 kilometer. di Jateng dan DIY secara keseluruhan sudah dikerjakan sepanjang 241 kilometer.

Advertisement

“Jateng yang belum selesai ada 64,70 kilometer dan DIY sekitar 27,57 kilometer. Di Jateng ada jalan yang belum sesuai standar secara nasional mulai dari dari Kebumen sampai Cilacap. Untuk DIY, saat ini sedang kami kerjakan,” ujarnya.

Pembangunan Jalur Pansela ini dimulai sejak 2004 setiap tahun  meski tidak secara besar-besaran. Kemudian di 2015 pembangunan dilakukan lebih serentak sehingga sesuai target, 2024 bisa diselesaikan semua. Ia mengatakan tantangan terbesar dalam pembangunan Jalur Pansela adalah topografi, salah satunya di DIY. Beberapa titik berada di perbukitan dan terbelah oleh sungai yang lebar seperti Sungai Progo dan Opak.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan JJLS, Pemda DIY: Dua Lajur Sudah Tuntas, Kami Kebut 4 Lajur

Advertisement

Jalur Pansela diharapkan dapat mengurai beban berat Jalur Pantura sehingga lalu lintas bisa beralih ke selatan. Selain itu, Jalur Pansela diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga melalui kemudahan akses dan pengembangan kawasan wisata. Sebab, Jawa bagian selatan memiliki banyak pantai yang berpotensi besar untuk pengembangan wisata.

“Selain pantai kuliner, juga banyak, nanti tinggal bagaimana pemda untuk memaksimalkan potensi itu. Kami yakin Pansela dapat mendukung pengembangan wisata dan pergerakan logistik antarprovinsi,” ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Alasan Nasdem Pilih Anies Jadi Capres 2024 daripada Ganjar atau Andika Perkasa

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement