Advertisement

Mantrijeron Juarai Lomba Ketoprak Kota Jogja

Yosef Leon
Selasa, 19 Juli 2022 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Mantrijeron Juarai Lomba Ketoprak Kota Jogja Pemberian apresiasi kepada pemenang festival ketoprak antarkemantren yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Jogja. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paguyuban Mijil Sinanjung, kelompok seni dan budaya dari Kemantren Mantrijeron, berhasil menjuarai festival ketoprak yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Jogja. Kelompok itu keluar sebagai juara pertama dalam lomba ketoprak antar kemantren se-Kota Jogja.

Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, menjelaskan wilayahnya menyimpan potensi seni dan budaya yang cukup beragam.

Advertisement

BACA JUGA: Jelajah Jalur Pansela, Tim Harian Jogja Kupas Destinasi Wisata dan Potensi Ekonomi Baru

“Potensi seni kami memang luar biasa. Paguyuban ini yang mengoordinasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan perwakilan kemantren untuk pentas seni dan budaya,” ujarnya, Selasa (19/7/2022).

Paguyuban Mijil Senanjung telah terlibat pada sejumlah kegiatan misalnya Jogja Cross Culture, Wayang Jogja Night Carnival, serta Festival Dolanan Anak. “Aktivitasnya juga beragam mulai dari sendratari, ketoprak, dan lain sebagainya,” ucap Affrio.

Dalam festival ketoprak tersebut, Paguyuban Mijil Sinanjung membawakan lakon berjudul Klilip. Persiapan pentas berlangsung selama tiga bulan dengan melibatkan pemain, sutradara dan penulis naskah yang semuanya berasal dari Mantrijeron.

BACA JUGA: Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap di Belanda

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, mengatakan festival tersebut menjadi ajang kompetisi terbuka untuk unjuk potensi dan kualitas seni ketoprak di Kota Jogja. Dia berharap festival ketoprak dapat melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreativitas pelaku seni di masyarakat agar tetap lestari dan berkembang dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement