Advertisement

Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap di Belanda

Anisatul Umah
Selasa, 19 Juli 2022 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap di Belanda Tim Bimasakti UGM menjuarai kompetisi mobil balap di Belanda. - Istimewa/Humas UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) menorehkan prestasi tingkat dunia dengan menjuarai kompetisi mobil balap di Belanda. Tim Bimasakti UGM meraih peringkat 1 kategori Business Plan Presentation dan Golden Fighter Award dari kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN).

Kompetisi ini digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda 9-14 Juli 2022 kemarin. FSN merupakan kompetisi mobil balap bagi mahasiswa.

BACA JUGA: Jelajah Jalur Pansela, Tim Harian Jogja Kupas Destinasi Wisata dan Potensi Ekonomi Baru

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tantangan yang diberikan kepada tim dalam kompetisi ini di antaranya merancang dan mengembangkan mobil balap bergaya formula mulai dari sisi desain, teknis, hingga peluang bisnisnya.

Kapten Tim Bimasakti UGM, Aditya Maheranta, mengatakan FSN 2022 diikuti 44 tim dari 15 negara di dunia. Dalam kompetisi ini tim Bimasakti juga meraih peringkat keenam Engineering Design Presentation, peringkat 11 Cost Analysis Presentation, dan peringkat ketujuh Overall kelas Combustion Vehicle.

“Tim Bimasakti UGM menjadi satu satunya tim non-Eropa yang lolos inspeksi, dengan hanya sembilan mobil keseluruhan di kelas Combustion yang dapat lolos inspeksi,” ucapnya, Selasa (19/7/2022).

Aditya bercerita, ini menjadi pengalaman baru bagi mereka karena dalam perlombaan ini standar kompetisi dan inspeksi keamanan mobil yang lebih tinggi. Standar yang tinggi ini menjadi tantangan kerja tim di awal-awal perlombaan.

Menurutnya, juri menilai sejumlah komponen dari mobil Bimasakti UGM masih memerlukan perbaikan. Juri juga beranggapan mobil Bimasakti UGM tidak memiliki peluang untuk lolos inspeksi. Tidak berputus asa, dia menyebut tim melakukan perbaikan dan penyempurnaan di lokasi perlombaan dengan peralatan dan anggota yang terbatas.

“Akhirnya kami dinyatakan lolos inspeksi dan berkesempatan untuk berlaga di kategori endurance,” kata mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

Advertisement

Sementara itu, dosen pembimbing tim Bimasakti UGM, Fauzun mengatakan prestasi yang diraih ini merupakan kerja keras dari tahap desain sampai lomba. Capaian ini juga tidak lepas dari dukungan berbagai pihak.

BACA JUGA: Mengenal Candi Risan, Peninggalan Purbakala Penanda Batas DIY dan JawaTengah

“Keikutsertaan tim Bimasakti yang pertama kalinya di FSN 2022 ini bisa meraih beberapa penghargaan tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan dan mengharumkan nama UGM serta Indonesia di mata dunia,” ucapnya.

Advertisement

Dia berharap prestasi yang diraih ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. “Untuk ukiran prestasi yang lebih tinggi,” harapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement