Advertisement

Kejar Juara Umum Porda DIY, Sleman Siapkan Bonus Rp8 Miliar

Abdul Hamied Razak
Minggu, 24 Juli 2022 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
Kejar Juara Umum Porda DIY, Sleman Siapkan Bonus Rp8 Miliar Ketua KONI Sleman Joko Hastaryo - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyiapkan bonus Rp8 miliar untuk mencapai target juara umum pada gelaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY XVI. Bonus tersebut diharapkan dapat memacu para atlet pada perlehatan Porda yang akan digelar 1-9 September mendatang.

KONI Sleman menargetkan 192 dari 494 medali emas yang diperebutkan pada Porda 2022. "Untuk menjadi juara umum, sedikitnya kami harus meraih 80 persen atau sekitar 165 medali emas. Di atas kertas target tersebut bisa kami capai dan mudah-mudahan proyeksi kami di lapangan tidak mengalami kendala," ujar Ketua KONI Sleman Joko Hastaryo, Minggu (24/7/2022).

BACA JUGA: Pemkot Jogja Dorong Koperasi Konvensional Beralih ke Modern

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dia menjelaskan, kontingen Sleman akan bertanding di 44 cabor plus satu ekshibisi yaitu olahraga petanque. Total atlet yang diterjunkan pada Porda DIY sebanyak 965 orang termasuk peserta cabor petanque. Joko menambahkan keterbatasan waktu menjadi salah satu kendala paling ditemui para atlet selama proses latihan.

"Sebab kami banyak menyiapkan atlet-atlet muda yang masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah sehingga intensitas latihan berkurang. Ada sekitar 60-70 persen atlet muda yang kami siapkan," katanya.

Guna mengatasi masalah keterbatasan waktu latihan tersebut, lanjut Joko, KONI telah melayangkan surat kepada instansi berwenang agar siswa atau mahasiswa yang akan mengikuti Porda. KONI meminta agar para atlet bisa mendapatkan dispensasi. "Selain itu, kami juga meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pendampingan psikologis dan aspek gizi," ujar dia.

Pendampingan gizi bagi para atlet, lanjut Joko, menjadi salah kebutuhan utama. Seperti bagi atlet cabang bela diri atau pertandingan yang didasarkan pada kelas badan dan mengandalkan kekuatan. "Kami sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk membentuk posbindu dan layanan konsultasi online bagi para atlet," ujar Joko.

BACA JUGA: Jika JJLS Tersambung, Kulonprogo Ingin Bangun Kuliner Jimbaran di Glagah

Sebelumnya, Bupati Sleman, Sri Kustini Purnomo mengaku sudah menyiapkan kenaikan bonus bagi atlet yang meraih medali pada ajang dua tahunan itu. "Bonus kami naikkan untuk memberi motivasi kepada semua atlet. Kami optimis kabupaten Sleman dapat mempertahankan gelar juara umum," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement