Advertisement

Jet Tempur Meraung di Langit Jogja, Ini Penjelasan TNI AU

Sunartono
Rabu, 27 Juli 2022 - 13:07 WIB
Bhekti Suryani
Jet Tempur Meraung di Langit Jogja, Ini Penjelasan TNI AU Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle meninggalkan kawasan Hanggar Skadron Pendidikan untuk menuju runway zero nine Lanud Adisutjipto pada 2015 silam/Foto Ist - dok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah pesawat tempur meraung-raung di langit Jogja pada Rabu (27/7/2022) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. 

Sejumlah pesawat tempur TNI AU yang menggetarkan langit Jogja adalah F-16 dan T-50i Golden Eagle. Kedua pesawat ini berhome base di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi Madiun, sedangkan F-16 bermarkas di Skadron Udara 3 di Lanud yang sama. T50 merupakan kategori pesawat Tempur Taktis dengan kode TT yang biasa digunakan oleh penerbang tempur di awal kariernya untuk berlatih. Pesawat ini merupakan buatan proyek kolaborasi antara Korean Aerospace Industries (KAI) dan Amerika Serikat. Didatangkan ke Indonesia medio 2013 lalu untuk menggantikan Hawk MK-53 yang sudah uzur. 

Advertisement

Adapun F-16 merupakan Tempur Sergap dengan kode TS. Pesawat ini didatangkan ke Indonesia melalui program hibah dengan Amerika Serikat. Sering Merupakan pesawat tempur paling populer. Kini menjadi salah satu dari dua pesawat tempur andalan yang menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan udara Indonesia bersama Sukhoi buatan Rusia.

Kapentak Lanud Adisutjipto Jogja Mayor Suprih Andaryanto menjelaskan kedua pesawat tempur itu sedang melakukan latihan di wilayah udara Lanud Adisutjipto Jogja pada Rabu pagi. Kegiatan latihan itu merupakan persiapan dari rangkaian Hari Bakti TNI AU yang akan diperingati pada 29 Juli 2022 mendatang. 

BACA JUGA: Ini Pandangan Psikolog Forensik UGM Soal Rusuh Suporter Jogja-Solo

"Ada dua jenis pesawat yang latihan di area udara Jogja pada pagi ini yaitu T-50i Golden Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Latihan ini dalam ramgka persiapan kegiatan 29 Juli," katanya Rabu.

Rencananya pada 29 Juli sebagai Hari Bakti TNI AU akan digelar sejumlah kegiatan di Jogja. Keberadaan pesawar tempur ini melakukan latihan sebagai persiapan pada perayaan kegiatan tersebut.

"Dalam rangkaian kegiatan ini ada upacara dan wisuda Purna Pati digelar di AAU. Kemudian di Lanud Adisutjipto ada kegiatan sambung rasa Kasau, malam tirakatan, dan ziarah di Ngoto," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement