Advertisement

Program PKM Pascasarjana UGM Fokus Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 29 Juli 2022 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Program PKM Pascasarjana UGM Fokus Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Ketahanan Nasional UGM salah satunya difokuskan pada pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Ketua Program Studi S2/S3 Ketahanan Nasional UGM Prof. Armaidy Armawi mengatakan pemulihan kondisi masyarakat desa pasca pandemi merupakan salah satu tujuan utama pemerintah saat ini. Untuk mendukung tujuan tersebut, lanjutnya, selama Juli ini para mahasiswa Program Studi Ketahanan Nasional, Sekolah Pasca Sarjana UGM melaksanakan program PKM.

"Pada PKM kali ini kami angkat Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kapasitas Ekonomi, Pendidikan dan Pertanian sebagai Potensi Sumber Daya Lokal Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19," ujarnya melalui rilis yang diterima Harian Jogja.

Beragam kegiatan dilakukan secara bertahap selama PKM baik di SMK 1 Ma’arif Ngluwar dan Desa Pakunden, Ngluwar, Magelang. Di SMK Ma'arif peserta PKM memberikan Penguatan Karakter Kepribadian Remaja, Optimasi TI pada Akuntansi Keuangan serta Peningkatan Inovasi dan Kompetensi Kewirausahaan bagi para siswa.

Adapun kegiatan di Desa Pakunden, warga diberikan materi antara lain Peningkatan Kompetensi Kelompok Tani Desa, Penguatan Pemahaman Inovasi dan Literasi Digital serta Pemahaman Pola Tumbuh Kembang bagi Anak-anak dan Remaja di Desa Pakunden.

"Program ini diharapkan dapat memenuhi indikator pelaksanaan pemberdayaan masyarakat, mulai kemampuan untuk mengendalikan diri dan lingkungannya, mampu untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang bermanfaat di masyarakat dan lingkungan yang lebih luas," harapnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi kekuatan dan kelemahan atas diri sendiri dan juga lingkungannya. Begitu juga dengan terjangkaunya sistem sumber atau aset terhadap layanan publik, serta terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat.

"Selama PKM berlangsung, kami juga memberikan program untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat dan pendampingan pengelolaan hasil pertanian, strategi kesehatan untuk peningkatan pemahaman masyarakat, serta literasi digital dan manajemen pemasaran yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," paparnya.

Kepala Desa Pakunden, Sujadi menyambut baik kegiatan tersebut. Pemerintah desa, katanya, mendelegasikan warga untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program tersebut. "Desa Pakunden miliki potensi menjadi Desa Mandiri Sejahtera khususnya dalam lima bidang utama, yaitu bidang kesehatan, agrikultur, ekonomi, lingkungan, dan pariwisata. Hanya saja, masih perlu didorong oleh peran Pemerintah Desa, serta keinginan untuk berkembang dari masyarakat," ujarnya. *

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement