Advertisement

Doa Kraton Jogja untuk Warga DIY di Malam 1 Sura

Sunartono
Minggu, 31 Juli 2022 - 10:17 WIB
Bhekti Suryani
Doa Kraton Jogja untuk Warga DIY di Malam 1 Sura Pelaksanaan doa bersama di Bangsal Ponconiti, Kompleks Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat (29/7/2022) malam. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat meniadakan ritual Mubeng Beteng di Malam 1 Sura atau malam pergantian Tahun Baru Jawa 1 Sura Ehe 1955/1 Muharram 1444 H. Ratusan perwakilan abdi dalem dan masyarakat mengikuti doa bersama yang digelar di Bangsal Ponconiti, Kompleks Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Jumat (29/7/2022) malam.

Perwakilan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat KRT Wijaya Pamungkas menjelaskan seperti saat situasi sebelum pandemi, malam 1 Sura biasanya digelar ritual Mubeng Beteng. Akan tetapi pada tahun ini tidak digelar meski pun kasus Covid-19 sebenarnya sudah mereda dibandingkan tahun sebelumnya. Akan tetapi demi kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat, ritual Mubeng Beteng tidak digelar.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Bedanya tahun ini dalam klimaksnya tidak ada prosesi mubeng Beteng kalau tahun sebelumnya ada prosesi. Sekarang tidak seperti dulu [saat sebelum pandemi], bahwa tahun ini masih perlu kehati-hatian wabah Covid-19," katanya Jumat malam.

Ia menambahkan sebagai pengganti kemudian digelar doa bersama di Bangsal Ponconiti yang diikuti sekitar 300 orang terdiri atas Abdi Dalem dan perwakilan warga DIY. Meski digelar secara sederhana, acara doa bersama 1 Sura tersebut berlangsung khidmat dengan dihadiri oleh Penghageng Parentah Hageng Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Wironegoro.

"Berlangsung dari jam 20.00 WIB sampai 23.00 WIB, selanjutnya dilakukan upacara diawali dari pembacaan, pembukaan dilanjutkan pangandikan dari Penghageng KPH Wironegoro," ujarnya.

BACA JUGA: Pemaksaan Siswi Berjilbab Kerap Terjadi di DIY, Setara Institute Desak Pemda Lakukan Evaluasi Menyeluruh

Setelah sambutan dari Penghageng Karaton Ngayogyakarta, kemudiab diadakan doa bersama yang dipimpin oleh Abdi Dalem Konco Kaji. Adapun secara umum permohonan doa yang dipanjatkan agar hadirnya tahun baru nanti warga Jogja selalu diberi kemudahan keselamatan. Selain itu untuk negara RI harapannya ke depan dapat terlaksana pembangunan terutama khususnya di DIY dan jauh dari marabahaya serta selalu mendapat lindungan.

"Doanya secara umum semoga warga DIY diberikan keselamatan, kemudahan, kesehatan dan untuk negara Republik Indonesia," katanya.

Advertisement

Meski berlangsung sederhana namun ia memastikan ritual doa bersama itu tidak mengurangi esensi dari kegiatan budaya. "Memperhatikan kesederhanaan tetapi esensi tetap terjaga. Kita tetap menjaga kesehatan prokes, selalu mempertahankan persatuan agar keamanan di masyarakat terjaga," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, Jumat (9/12/2022)

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement