Advertisement

Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta Gelar Pemeriksaan Kesehatan di Dusun Kunden

Media Digital
Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:07 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta Gelar Pemeriksaan Kesehatan di Dusun Kunden Pemeriksaan kesehatan warga di Dusun Kunden - Ist

Advertisement

Kunden (25/7/2022), Senin 25 Juli 2022 pukul 09.00 WIB, Kelompok 13 KKN-T Universitas Alma Ata di Dusun Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul melakukan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) & Tekanan Darah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui berapa kadar Gula Darah Sewaktu dan Tekanan Darah pada masyarakat Dusun Kunden. 

Selain itu, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melakukan skrining awal penderita hipertensi dan penderita diabetes mellitus serta sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat terkait deteksi dini penyakit hipertensi dan diabetes mellitus kepada masyarakat. Mengingat tingginya prevalensi dan biaya perawatan untuk penderita diabetes mellitus maka Kelompok 13 KKN-T Universitas Alma Ata yang dibimbing oleh Misyroh Akhmadi, S.Ag.,M.Ag. melakukan edukasi tentang pengaturan pola makanan serta pengecekan glukosa darah terhadap masyarakat. Sasaran dalam kegiatan ini adalah Lansia di Dusun Kunden.

Advertisement

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada tanggal 25 Juli 2022 di Dusun Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Bahan dan alat yang digunakan terdiri dari Glucometer dan strip glukosa, lancet, kapas alcohol, tensimeter otomatis, lembar catatan hasil pemeriksaan dan bolpoint. 

Cara pemeriksaan yang dilakukan adalah dimulai dengan anamnesa atau wawancara untuk mengetahui identitas pasien, riwayat penyakit keturunan atau penyakit yang dialami kemudian melakukan pemeriksaan tekanan darah, selanjutnya dilakukan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS). Untuk anggota masyarakat yang memiliki hasil pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) dan Tekanan Darah diatas normal maka dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat untuk mencegah komplikasi yang akan terjadi.

“Karena biaya Pengecekan GDS cukup mahal, sehingga kami masyarakat sangat mendukung dan antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 13 KKN-T Dusun Kunden terutama pada pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS)” ujar Pak Parijo selaku peserta dalam kegiatan tersebut. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement