Advertisement

BNN Kota Yogyakarta Kuatkan Komitmen Kelurahan Bersih Narkoba

Sirojul Khafid
Kamis, 04 Agustus 2022 - 07:57 WIB
Sirojul Khafid
BNN Kota Yogyakarta Kuatkan Komitmen Kelurahan Bersih Narkoba Sosialisasi dari BNN Kota Yogyakarta di Sekar Kedhaton Restaurant, Prenggan, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Yogyakarta terus berupaya menguatkan komitmen Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar). Kepala BNN Kota Yogyakarta, Khamdani, mengatakan, salah satu caranya dengan kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa.

Dengan jumlah 15 peserta dari berbagai kelurahan bersinar dan stakeholder terkait, kegiatan ini berlangsung di Sekar Kedhaton Restaurant, Prenggan, Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

“Dari kegiatan ini, ada upaya mempengaruhi para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan, agar berkomitmen dalam memberikan dukungan dan berperan aktif dalam program ini, sesuai dengan kewenangannya,” kata Khamdani.

Sebagai informasi, Kelurahan Bersinar merupakan kelurahan yang memiliki kriteria dan melaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif.

BACA JUGA: Surat Terbuka Wali Murid SMAN 1 Banguntapan Bantul yang Dipaksa Pakai Jilbab: Ibu Mana yang Tidak Sedih?

Dalam kesempatan ini, Khamdani juga memaparkan materi bertema Program Ketahanan Keluarga dalam Kelurahan Bersinar. Narasumber lain, Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta, Budi Santosa, menyampaikam materi Peran Kelurahan dalam Penanggulangan Narkoba berdasarkan Permendagri No 12 Tahun 2019.

Dia membahas uraian kegiatan fasilitasi yang dapat dilakukan Lurah dalam rangka Kelurahan Bersinar, sesuai dengan Permendagri Nomor 12 tahun 2019 pasal 2 ayat 7. Dalam aturan ini, beberapa poinnya seperti sosialisasi bahaya narkoba, mendorong adanya kelembagaan di Kelurahan yang peduli isu narkoba, dan mendorong lahirnya regulasi di Kelurahan terkait upaya penanggulangan narkoba.

“Adapula mengalokasikan anggaran kelurahan untuk kegiatan penanggulangan narkoba. Serta melaporkan seluruh kegiatan kelurahan terkait upaya penanggulangan narkoba secara berjenjang sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Lurah Keparakan Kota Yogyakarta, Rina Budi Prastiwi, dengan tema materi Penyusunan Grand Design Kelurahan Keparakan Bersinar, menyampaikan uraian program Kelurahan Bersinar yang berada di wilayahnya.

Di sela-sela kegiatan tersebut, diadakan penandatanganan pencanangan Kelurahan Keparakan Bersih Narkoba oleh kepala BNN Kota Yogyakarta dengan Lurah Keparakan.

Advertisement

BACA JUGA: Limbah TPST Piyungan Mengalir ke Parit Warga, Begini Kata Pemda DIY

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Uang Baru Diluncurkan, Ganjar Terima Duit dengan Nomor Cantik

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement