Advertisement

Demi Perdamaian Suporter DIY, Sultan HB X Siap Pertemukan Pendukung PSS & PSIM

Sunartono
Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Demi Perdamaian Suporter DIY, Sultan HB X Siap Pertemukan Pendukung PSS & PSIM Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X meminta suporter PSIM dan PSS Sleman untuk menjaga perdamaian. Bahkan Pemda DIY siap memfasilitasi jika diperlukan dialog antara kedua kelompok tersebut.

Sultan berharap suasana rukun dan damai bisa terjalin antarsuporter bola di DIY. Secara khusus dia meminta kepada masyarakat Jogja dalam hal ini suporter PSIM dan Sleman yang merupakan suporter PSS Sleman agar terus berdamai. Pasalnya, kata dia, Sleman dan Jogja merupakan bagian dari DIY.

Advertisement

"Saya berharap suasana rukun guyub antarsuporter ini bisa dilakukan. Jadi kalau saya minta kepada kota [suporter PSIM] maupun Sleman [PSS Sleman] ya, saya mau memfasilitasi dialog suporter ini. Di antara pendekatannya bagaimana yang penting kompaklah [damai] untuk menjadi bagian dari DIY," kata Sultan di kompleks Kepatihan, Kamis (4/8/2022).

BACA JUGA: Buntut Pemaksaan Jilbab SMAN 1 Banguntapan, Sultan Nonaktifkan Kepala Sekolah & 3 Guru

Sultan mengatakan antarpenggemar sepakbola sebaiknya jangan berkelompok-kelompok yang justru berpotensi memecah belah. Karena hakekatnya tujuan olahraga adalah membangun solidaritas untuk berprestasi, bukan sebaliknya melakukan tindakan tidak manusiawi.

"Jangan berkelompok begitu, tetapi akhirnya olahraga yang mestinya membangun solidaritas kita bersama untuk berprestasi, bukan malah olahraga menjadi tindakan yang tidak manusiawi melanggar hukum," ucapnya.

Meski siap memfasilitasi dialog antarkedua kelompok suporter ini, Sultan HB X tetap berharap keinginan dialog itu datang dari kesadaran masing-masing suporter.

"Kami coba dialog saya bisa memfasilitasi, tetapi bukan saya meminta, saya ingin mereka juga punya kesadaran. Kami berdialog, saya memfasilitasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement