Advertisement

Polda DIY Bekuk Empat Pembobol Belasan ATM BPD DIY, Kerugian Rp43,8 Juta

Anisatul Umah
Kamis, 04 Agustus 2022 - 14:57 WIB
Budi Cahyana
Polda DIY Bekuk Empat Pembobol Belasan ATM BPD DIY, Kerugian Rp43,8 Juta Konferensi pers di Polda DIY, Kamis (4/8/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polda DIY membekuk empat tersangka pembobolan mesin ATM Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY pada, 1 Agustus 2022 di Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Akibat ulah empat tersangka ini, BPD DIY mengalami kerugian sebesar Rp43,8 juta.

Empat tersangka tersebut yakni DH, 32 warga Bogor, Jawa Barat DF, 33 warga Bandung, Jawa Barat, T, 36 warga Bogor, Jawa Barat, dan W, 31 warga Tanggamus, Lampung. Keempatnya berprofesi sebagai wiraswasta.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Netizen Gemas! Cor-Coran Belum Kering di Malioboro Diinjak-injak Pengunjung

Wadir Reskrimum Polda DIY AKBP K. Tri Panungko mengatakan mengatakan pencurian ini terjadi pada 30 Juli 2022 sekira pukul 21.00 WIB sampai 03.00 WIB di 15 titik ATM BPD DIY di wilayah Jogja. Kemudian pagi harinya jam 06.00 WIB - 07.00 WIB di dua titik lainnya di wilayah Kulonprogo.

Kemudian setelah menerima laporan, polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengejar pelaku. Seiring dengan pemeriksaan yang dilakukan menurutnya masih dimungkinkan adanya tersangka baru.

"Dalam kasus ini yang menjadi korban adalah Bank BPD DIY. Perlu kami sampaikan, bahwa TKP di wilayah kota ada 15 titik ATM, rata-rata setiap ATM bisa ambil uang sekitar Rp3 juta," ucapnya dalam konferensi pers di Polda DIY, Kamis (4/8/2022).

Dia menjelaskan dari empat tersangka ini yang menjadi otak pembobolan ATM adalah T, bertugas mengkoordinasi tersangka lain dalam melakukan aksi. Sementara DH bertugas mencari rentalan mobil dan menjadi supir menuju ke titik-titik mesin ATM.

Uang hasil curian ini digunakan para pelaku untuk berfoya-foya dan membayar rentalan mobil. Barang bukti yang diamankan di antaranya penjepit dari tongsis, obeng, kartu ATM, dan mobil yang digunakan untuk keliling dari ATM ke ATM.

Advertisement

"Menurut keterangan tersangka, [uang] sudah habis buat foya-foya dan rental. Tapi lebih banyak digunakan buat foya-foya," kata dia.

Dalam membobol ATM, yang pertama pelaku lakukan adalah tarik tunai dengan ATM BPD DIY yang dimiliki. Penarikan uang tunai dilakukan dengan mengambil opsi penarikan saldo maksimal.

Saat transaksi penarikan berlangsung dan katup di ATM terbuka, pelaku bergegas mengambil uang dengan berbagai alat seperti obeng, pengganjal, dan tongsis yang telah dimodifikasi. Dengan modus ini layar ATM akan bertuliskan transaksi gagal.

Advertisement

"Ini modus baru, tapi pelaku ketahui cara kerja ATM ini secara detail, pelaku sudah monitor kerja ATM  merek per merek. Pelaku sudah mengetahui cara kerjanya, uang ini belum sempat keluar sudah mereka ganjal lalu ambil dengan alat," jelasnya.

Tersangka terancam dengan sanksi pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan cara yang sama sudah coba digunakan di mesin ATM lain namun gagal. Masalah yang terjadi di beberapa mesin ATM menurutnya termonitor oleh pusat informasi di BPD DIY, sehingga dengan analisis cepat tim langsung lapor ke Polda DIY.

"Jadi bukan berarti tidak aman, tapi perlu saya sampaikan bahwa dalam rentang waktu ini terjadi cash handler mesin ATM alami masalah, dalam rentang waktu tidak terlalu lama satu titik dan lainnya ini termonitor, sehingga dengan analisis cepat lapor ke Polda," paparnya.

Advertisement

BACA JUGA: Kementerian Pendidikan Didesak Beri Efek Jera ke Sekolah Pemaksa Siswi Berjilbab

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan peningkatan keamanan di ATM akan terus dilakukan. Baik keamanan secara sistem dan keamanan fisik di ATM yang tersebar di DIY.

"Pengamanan kami dilakukan dengan standar. Mesin juga digunakan bank lain, karena semua industri standar," ucapnya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Fly Over Janti Mulai Dipenuhi Mural

Fly Over Janti Mulai Dipenuhi Mural

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sukabumi Diguncang Gempa 5,8 M, Tiga Rumah Dilaporkan Rusak

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement