Advertisement

Dies Natalis ke-38, Universitas Terbuka Jogja Gelar Bulutangkis Cup

Triyo Handoko
Kamis, 11 Agustus 2022 - 06:57 WIB
Sirojul Khafid
Dies Natalis ke-38, Universitas Terbuka Jogja Gelar Bulutangkis Cup Direktur UT Jogja Agus Santoso dan Ketua Panitia Martono membuka gelaran Bulutangkis CUP 2022, Rabu (10/8 - 2022). Harian Jogja//Triyo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Terbuka (UT) Jogja menggelar turnamen bulutangkis dalam rangka merayakan dies natalisnya yang ke-38. Bertajuk UT Cup 2022, turnamen bulutangkis ini khusus untuk pelajar SMA sederajat.

UT Jogja yang memiliki wilayah kerja di DIY dan Karesidenan Kedu ini berhasil menjaring semua perwakilan sekolah di 10 kabupaten dan kota di bawah jangkauan kerjanya untuk mengikuti turnamen ini. Total ada 81 peserta untuk kategori tunggal putra, 31 peserta tunggal putri, 26 tim ganda putra, dan 12 tim ganda putri.

Direktur UT Jogja, Agus Santoso, menjelaskan gelaran ini bertujuan mengenalkan UT pada pelajar se-DIY dan Kedu. “Mumpung pandemi Covid-19 sudah mereda dan bisa bikin acara luring, kami bikin turnamen ini,” jelasnya Rabu (10/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Agus menyebut gelaran ini juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam bulutangkis. “Ini juga peran kami untuk memajukan bulutangkis, khususnya di Jogja,” katanya.

BACA JUGA: Pemuda Diharapkan Terlibat Aktif pada Pemilu Serentak 2024

Sebelumnya, Agus menjelaskan UT Jogja telah memberikan beasiswa bagi 100 atlet PON 2021. Perguruan tinggi negeri yang dibentuk pada 1984 ini bisa jadi pilihan yang strategis, jelas Agus, bagi atlet-atlet untuk menempuh pendidikan tinggi. “Karena sistemnya kami terbuka dan jarak jauh, jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan, akreditasi jurusan kami juga sudah A rata-rata,” tuturnya.

Berlangsung di GOR Amongrogo pada 11-13 Agustus, lanjut Agus, pemenangnya nanti juga akan kami tawari beasiswa jika sudah lulus SMA sederajat. “Selain bulutangkis, kami juga adakan dance competition,” katanya.

Ketua Panitia, Martono, menyebut gelarang Bulutangkis Cup juga mengikutsertakan PBSI DIY. “Supaya profesional dan dapat melahirkan atlet bulutangkis berkualitas maka kami gandeng PBSI DIY,” jelasnya, Rabu sore.

Martono yang juga Dosen UT ini juga menjelaskan total semua kategori peserta ada 152 orang. Sedangkan untuk kompetisi dance ada 13 sekolah yang berpartisipasi. “Masing-masing kelompok beranggotakan rata-rata tujuh siswi, nanti akan ditampilkan di hari terakhir,” jelasnya.

Advertisement

Bulutangkis dipilih untuk dilombakan, menurut Martono, untuk meningkatkan regenerasi olahraga yang kerap menyumbang prestasi ini. “Di tahun ini juga banyak kompetisi internasional bulutangkis, ini kami manfaatkan euforianya,” tandanya.

BACA JUGA: Wow! Ada Tiket Gratis ke Gembira Loka Zoo Jogja, Ini Syaratnya

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement