Advertisement

Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang

Abdul Hamied Razak
Minggu, 14 Agustus 2022 - 08:27 WIB
Bhekti Suryani
Wow! Ada Gelar Budaya di Kaliurang Kawasan wisata Tlogoputri Kaliurang Sleman - Harian Jogja/ Meigitaria Sanita

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77, pelaku pariwisata di kawasan Wisata Kaliurang akan menggelar Gelar Budaya. Kegiatan tersebut akan diikuti 23 komunitas dan tokoh masyarakat di wilayah Kaliurang.

Tidak hanya itu, para pelaku wisata bersama Dinas Pariwisata Sleman juga menyiapkan kegiatan upacara bendera pada 17 Agustus mendatang. Para peserta upacara dari pelaku pariwisata di Kaliurang akan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. "Saya nanti akan mengenakan pakaian daerah NTT," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono, Sabtu (13/8/2022).

Saat upacara nanti, Suparmono akan menjadi inspektur upacara. Tempat upacara dipilih di destinasi yang relatif baru yakni Nawang Jagad di daerah Kaliurang Barat. Dia berharap, event tersebut akan mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan sekaligus menjadi media promosi destinasi Pariwisata Kaliurang dan Kaliadem.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Khusus untuk mangayubagyo HUT ke-77 RI, yakni pada Rabu 17 Agustus, retribusi masuk kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem di bebaskan, pengunjung tidak akan ditarik retribusi," katanya.

Pejabat Fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Rini Wahyu Hestari mengatakan rangkaian kegiatan akan diawali dengan upacara bendera dilanjutkan dengan Flash Mob Tari Badui oleh peserta upacara. "Tari Badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman, yang dalam perform besok dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung," katanya.

Tari Badui yang digelar merupakan kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari Jaban Tridadi Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari Cangkringan.
"Untuk kegiatan pertama akan mulai pukul 09.00-10.30 WIB dilanjutkan dengan penampilan flash mob kedua dan Band Rebo Ngeslow di Kawasan Tlogo PutrI Kaliurang pada pukul 11.30-13.30 WIB," katanya.

BACA JUGA: Delapan Makanan Paling Berbahaya di Dunia: Ada Singkong

Ketua Forum Masyarakat Kaliurang (Formak) Farchan Hariem mengatakan kegiatan bersama dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang merupakan wujud masyarakat mensyukuri Kemerdekaan RI sekaligus menjadi momentum para pelaku pariwisata untuk bersama bangkit memulihkan ekonominya. "Pada peringatan HUT RI besok lapisan masyarakat khususnya pelaku pariwisata Kaliurang juga antusias mengikuti upacara dengan pakaian daerah yang akan dikenakan," katanya.

Naikkan Okupansi

Advertisement

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Sleman, Aris Herbandang menyampaikan, dari beberapa kali even yang digelar diakhir pekan atau saat liburan di sejumlah destinasi wisata mampu menaikan tingkat hunian hotel di Sleman.

"Beberapa hotel bintang 3-5 ada beberapa yang tingkat huniannya sampai 100 persen dan terendah huniannya sekitar 70 persen. Yang terendah huniannya tidak penuh karena jumlah kamarnya sekitar 200an kamar lebih," katanya.

Dinas Periwisata, lanjut Bandang, masih menyiapkan beberapa even besar sampai dengan akhir tahun nanti. Diakuinya, untuk kunjungan pada destinasi, keberadaan even tidak begitu berpengaruh dan kecenderungannya masih flat seperti akhir pekan sebelum-sebelumnya. "Namun pelaku pariwisata kawasan lereng Merapi tetap optimis mensikapi kondisi itu," katanya.

Advertisement

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei CSIS Buktikan Golkar Terpopuler di Mata Pemilih Muda

News
| Senin, 26 September 2022, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement