Advertisement

HUT KEMERDEKAAN RI : SAR Baron Kembali Gelar Upacara di Laut

David Kurniawan
Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:27 WIB
Jumali
HUT KEMERDEKAAN RI : SAR Baron Kembali Gelar Upacara di Laut Upacara pengibaran bendera di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Rabu (17/8/2016) - Dok\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY di Pantai Baron akan menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi di laut. Kegiatan ini sempat vakum dua tahun karena pandemi Covid-19.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan, aktivitas upacara di laut untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Namun, adanya pandemi Covid-19 maka dua tahun terakhir kegiatan ini tidak diselenggarakan.

Advertisement

Meski demikian, mulai tahun ini upacara kembali digelar untuk menyemarakan Hari Kemerdekaan.

“Upacara dilaksankaan jam 10.00 WIB pada 17 Agustus 2022 mendatang,” kata Marjono kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Ia menjelaskan, upacara dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut di Pantai Baron. Rencananya ada satu orang pembawa bendera dan didampingi dua pengibar bendera berenang ke tengah laut. Setelah ketiganya berenang akan disusul sebanyak 17 perenang dan berikutnya 45 perenang.

“Jadi fomasinya tiga, 17 dan 45 dengan melibatkan anggota SAR dari wilayah lain,” katanya.

Upacara terbuka untuk umum. Wisatawan yang datang boleh mengikuti prosesi ini, namun Marjono mewajibkan peserta membawa pelampung masing-masing.

“Pelampung dibutuhkan untuk keselamatan,” katanya.

Meski demikian, ia mengaku juga sudah berkoordinasi dengan para nelayan. Untuk pengamanan akan disediakan sekitar 40 perahu jukung guna mengawal jalannya upacara di laut.

“Perahu-perahu diterjunkan membantu dan mengawasi para peserta,” katanya.

Ia berharap kondisi gelombang landai agar tidak mengganggu jalannya acara. “Kami terus pantau perkembangan terkini di laut. Mudah-mudahan aman dan acara bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengapresiasi upaya SAR Satlinmas Wilayah 2 untuk melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan RI di laut.

Diharapkan acara ini dapat menjadi faktor pendongkrak kunjungan ke kawasan pantai di Gunungkidul.

“Untuk dinas tidak mengagendakan secara khusus peringatan HUT RI ke-77. Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan tim SAR berjalan dengan lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement