Advertisement

Pekerja Lepas Lebih Tenang Berkat BPJS Kesehatan

Triyo Handoko
Senin, 15 Agustus 2022 - 07:37 WIB
Sirojul Khafid
Pekerja Lepas Lebih Tenang Berkat BPJS Kesehatan Mohammad Haqi saat memberikan testimoni kepesertaannya pada BPJS Kesehatan, Minggu (14/8/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pekerja lepas bisa lebih tenang dalam berkegiatan setelah menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Mohammad Haqi, 25, salah satunya.

Pekerja kreatif di Jogja ini sudah menggunakan BPJS Kesehatan sejak 2018. Haqi terpantik menggunakan BPJS Kesehatan setelah mengalami pengalaman buruk saat sakit dan harus opname.

“Waktu itu sakit demam berdarah, waktu masih kuliah, karena uang kiriman orang tua pas buat sehari-hari jadi harus pinjem ke temen buat opname,” katanya, Minggu (14/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Haqi saat itu bertekad tak mau mengulangi pengalaman buruk itu. “Waktu itu belum daftar BPJS Kesehatan, jadi setelah sakit opname itu langsung daftar BPJS,” katanya.

BACA JUGA: Ada Klinik Bank Sampah di Jogja, Ini Gunanya

Sejak ikut mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, ia merasa lebih tenang dan nyaman. Terlebih sakit datang tanpa bisa diprediksi waktu dan keadannya. Pendaftaran ke BPJS Kesehatan menjadi penting untuk berjaga-jaga.

Pada 2019, Haqi sempat mengidap maag kronis hingga harus opname. Kala itu, ia sibuk mengerjakan skripsi sampai lupa kesehatan. Saat opname karena maag kronis itu, Haqi lebih tenang karena memiliki jaminan BPJS Kesehatan.

“Waktu itu tinggal daftar ke puskesmas, terus pakai gitu BPJS dan semua biaya opnamenya ditanggung BPJS,” ujarnya.

Proses klaim BPJS Kesehatan, jelas Haqi, sederhana dan mudah. “Enggak ribet karena pasti dibantu perawat rumah sakitnya, jadi meskipun mengurus klaimnya sambil sakit masih bisa, karena enggak ribet,” jelasnya.

Advertisement

BACA JUGA: Baju Bekas Impor Miliaran Rupiah Dibakar, Pedagang Awul-awul Jogja Meradang

Sebagai pekerja lepas, Haqi merasa dimudahkan untuk menjamin kesehatannya. “Kalau saya kan tidak ikut perusahaan manapun, jadi enggak dijamin kesehatannya sama tempat kerja, tapi berkat BPJS Kesehatan ini bisa menjamin kesehatan secara mandiri,” katanya.

Meskipun tak pernah berharap sakit, berkat BPJS Kesehatan, Haqi sekarang tak perlu khawatir dengan kesehatannya. “Sejak daftar BPJS Kesehatan lebih merasa tenang,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Puluhan Ribu Ton Pupuk Organik di Sragen Menghilang

News
| Selasa, 27 September 2022, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement