Advertisement

Libatkan Semua Agama, Gereja Baciro Gelar Dialog Kebangsaan

Sunartono
Senin, 15 Agustus 2022 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Libatkan Semua Agama, Gereja Baciro Gelar Dialog Kebangsaan Romo Pimpinan Gereja Katolik Baciro Kota Jogja FX Alif Suwito. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paroki Gereja Kristus Raja Baciro Kota Jogja berencana menggelar dialog kebangsaan pada Jumat (19/8/2022). Selain diikuti umat kristiani, kegiatan juga melibatkan tokoh lintas iman.

Dialog kebangsaan itu akan diisi oleh Permaisuri Sri Sultan HB X GKR Hemas, Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Rektor UIN Sunan Kalijaga Profesor Al Makin, dan Kepala Kajati DIY Katarina Endang Sarwestri.

BACA JUGA: Miris! DIY Gudangnya Pembalap tapi Tak Punya Sirkuit Permanen

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Romo Pimpinan Gereja Katolik Baciro Kota Jogja FX Alif Suwito menjelaskan dialog itu menghadirkan narasumber tokoh berpengaruh dengan harapan memberikan agar masyarakat luas memahami bahwa Jogja merupakan kota yang sangat menjunjung tinggi perbedaan.

"Temanya adalah Unity in Diversity, ini jadi napas gereja untuk bisa hadir di tengah masyarakat, untuk nyawiji dengan masyarakat," katanya, Senin (15/8/2022).

Kegiatan itu diharapkan dapat memperkokoh kebinekaan, semangat persatuan, dan menjadikan Jogja city of tolerance. Ia yakin seluruh masyarakat DIY cinta damai menjunjung tinggi perbedaan. "Gereja harus hadir di tengah masyarakat terutama dalam membangun kekuatan dan kepedulian terhadap persoalan kebangsaan," ucapnya.

BACA JUGA: Pemuda Ini Ungkap Alasannya Buka Wisata di Area Terpencil Gunungkidul

Panitia Pelaksana Dialog Kebangsaan Gereja Baciro Aloysius Yulianto Andri menambahkan kegiatan itu digelar di Gereja Kristus Raja Baciro dengan diikuti sekitar 300 orang lintas agama. Pada saat pelaksanaan dialog tersebut akan ada persembahan dari lintas agama serta doa lintas iman dari semua agama

"Kemudian ada tarian 34 pakaian adat dilakukan masyarakat yang tinggal di Jogja, ini juga dari berbagai agama," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement