Advertisement

Peringati HUT ke-77 RI, AKNSBY Gelar Upacara dengan Pakaian Adat Jawa

Ujang Hasanudin
Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:07 WIB
Jumali
Peringati HUT ke-77 RI, AKNSBY Gelar Upacara dengan Pakaian Adat Jawa Inspektur dan peserta upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di AKNSBY mengenakan pakaian adat Jawa, Rabu (17/8/2022) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta (AKNSBY) Bantul memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggelar upacara bendera dengan pakaian adat Jawa.

Upacara yang digelar kali pertama ini untuk menegaskan identitas kampus AKNSBY dalam mengembang kemajuan seni dan budaya Jogja.

Upacara yang melibatkan semua karyawan kampus dan mahasiswa itu digelar di halaman kampus di Jalan Parangtritis Nomor 364, Dusun Pendes, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, sekira pukul 07.00 WIB.

Petugas upacara memakai pakaian bergodo atau pakaian budaya Jogja. Sedangkan untuk peserta upacara menggunakan pakaian peranakan. Tamu undangan juga mengenakan pakaian adat Jawa dan ada juga peserta upacara mengenakan pakaian tari.

“Upacara 17 Agutus 2022 dengan atribut dan pakain adat Jawa ini sebagai penegas identitas kampus AKNSBY yang mengembang pemajuan seni budaya Jogja. Dengan potret dengan pakain tata pergaulan AKNSBY, kita mencerminkan sebagai penguatan karakter dan identitas karakter masyarakat Jogja,” kata Direktur AKNSBY, Supadma, setelah upacara bendera.

Menurutnya, pemakaian atribut Jawa dalam upacara bendera merupakan komitmen bersama atau tidak ada pemaksaan karena sama-sama ingin menyemangati dan menunjukan kampus yang mengemban budaya Jogja sekaligus ingin memperingati hari kemerdekaan RI.

Setelah upacara selesai, para tamu tidak langsung pulang melainkan mendapat suguhan tarian dari mahasiswa dan juga konser karawitan pakeliran padat dengan lakon Gatotkaca Krido.

Menurut Supadma, tema tersebut sebagai simbol semangat anak muda untuk mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara.

“Tema ini terinspirasi semangat milenial tidak boleh meninggalkan identitas dan kepribadian bangsanya. Tata pergaulan turut sapa budaya membina kesatuan dan persatuan bangsa,” katanya. Tidak hanya itu namun ada juga demo tatah sungging wayang kulit dan pameran wayang kulit gagrak Ngayogyakarta yang disuguhkan mahasiswa prodi Kriya.

AKNSBY merupakan kampus yang diprakarsai Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 2014 lalu. Selama lebih kurang lima tahun berjalan kampus milik Pemda DIY ini awalnya menginduk pada Institut Seni Indonesia (ISI) dan namanya masih AKN.

Advertisement

Namun, sejak 2020 dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Organisasi Pendirian dan Tata Kelola AKN dikukuhkan menjadi AKNSBY yang mandiri yang dapat mengeluarkan ijazah sendiri atau tidak lagi menginduk ke ISI.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement