Advertisement

Momentum Kemerdekaan RI, Semangat Universitas Bangkit Pasca Pandemi

Anisatul Umah
Kamis, 18 Agustus 2022 - 04:47 WIB
Sirojul Khafid
Momentum Kemerdekaan RI, Semangat Universitas Bangkit Pasca Pandemi Upacara HUT RI ke-77 di UGM, Rabu (17/8/2022) - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 menjadi momentum bagi perguruan tinggi untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan dimulainya kembali perkuliahan secara luring.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia menyampaikan setelah pembelajaran digelar luring, diperlukan penataan dan pemrograman ulang kegiatan di kampus. Persiapan tidak hanya dari mahasiswa, namun juga staf dan karyawan UGM. "Itu yang ditekankan untuk kembali mengikuti makna perjuangan, bahwa kami perlu berjuang kembali," ucapnya, Rabu (17/8/2022).

'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' menjadi tema yang diangkat dalam HUT RI ke-77. Ova menyebut ini menjadi momentum menyongsong pergerakan yang lebih cepat di berbagai sektor melalui semangat gotong royong. "Forum Presidensi G20 tahun 2022 setidaknya menjadi bukti, bagaimana Indonesia mengawali semangat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," paparnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga mengambil peran menjalin kolaborasi secara global dalam membangkitkan sistem pendidikan. Hal ini menjadi angin segar bagi ekosistem pembelajaran Indonesia. "Kemerdekaan bukanlah puncak capaian dan kondisi final. Didalamnya terkandung tantangan yang terus bertumbuh," lanjutnya.

Semangat yang sama juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik UPN "Veteran" Yogyakarta, Suharsono. Dia mengatakan Indonesia telah mampu menunjukkan kepada dunia proses pembelajaran saat ini semakin berpihak pada murid dan guru. Melalui kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar.

"Perjuangan mencapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah. Kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah," jelasnya.

Menurutnya generasi muda saat ini telah lebih siap untuk terjun ke dunia kerja dan bermasyarakat. Semua telah disiapkan sejak di bangku kuliah, salah satunya juga dari pembelajaran di luar kampus.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement