Advertisement

Dilarang di Malioboro, Skuter Listrik Diusulkan Beroperasi di Kampung Wisata

Newswire
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Dilarang di Malioboro, Skuter Listrik Diusulkan Beroperasi di Kampung Wisata Petugas dari Dinas Perhubungan DIY menertibkan Otoped di Kawasan Malioboro, Senin (28/3/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Komisi B DPRD Kota Jogja mengusulkan agar pengelola skuter listrik yang dilarang beroperasi di kawasan sumbu filosofi Jogja atau kawasan Jogja, untuk bisa bersinergi dengan Kampung Wisata di wilayah ini.

“Harapannya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bisa merangkul kawan-kawan pengelola skuter listrik untuk bersinergi dengan Kampung Wisata. Di Yogyakarta ada 18 Kampung Wisata yang berpotensi bisa diajak bekerja sama,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro di Yogyakarta, Jumat (19/8/2022).

Menurut dia, sinergi dengan Kampung Wisata bisa menjadi jawaban atas keresahan yang dirasakan pengelola penyewaan skuter usai larangan operasional di kawasan sumbu filosofi yaitu di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo.

“Bagaimanapun juga, pengelola penyewaan skuter listrik adalah warga Kota Yogyakarta yang mengais rejeki di kota mereka sendiri,” katanya.

Ia pun menyebut, keberadaan skuter listrik juga menjadi bagian dari pengayaan ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di Yogyakarta dengan tetap memenuhi aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Mahfud MD Klarifikasi soal “Menjijikkan” di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, lanjut dia, akan berusaha mempertemukan pengelola skuter listrik dengan Dinas Pariwisata serta pihak swasta yang menjadi pengelola wisata untuk bersama-sama merumuskan kebijakan terkait operasional skuter listrik.

“Harus ada solusi yang solutif atas permasalahan ini,” katanya yang menyebut kendaraan listrik akan menjadi bagian dari kendaraan yang dikembangkan di masa yang akan datang.

Di sisi lain, ia pun meminta pengelola penyewaan skuter listrik bisa memahami latar belakang penerbitan Surat Edaran Gubernur DIY terkait larangan operasional skuter listrik di kawasan sumbu filosofi.

“Akan ada penilaian dari UNESCO tentang sumbu filosofi dan bagaimana kawasan tersebut akan menjadi kawasan pedestrian,” katanya.

Advertisement

Oleh karenanya, ia meminta pengelola penyewaan skuter listrik di Yogyakarta bisa lebih bersabar dan bersikap optimistis karena pasti akan ada solusi yang diberikan.

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement