Advertisement

Butuh 12 Orang untuk Memindahkan Ikan Arapaima

Media Digital
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 06:57 WIB
Sirojul Khafid
Butuh 12 Orang untuk Memindahkan Ikan Arapaima Kolam arapaima di Jogja Exotarium, Sleman, beberapa waktu lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jogja Exotarium, salah satu ikon wisata Kabupaten Sleman merenovasi kolam Ikan Arapaima. Hal ini sebagai upaya edukasi pada wisatawan. Terlebih di masa pemulihan pandemi Covid-19, Jogja Exotarium juga dituntut memberikan performa yang baik.

Ikan arapaima merupakan ikan spesies kuno yang termasuk ikan terbesar. Besar umumnya mencapai dua Meter. Meski memiliki berat tubuh yang relatif besar, arapaima merupakan perenang yang handal. Bantuan dari sirip dan ekor yang kuat membuatnya memiliki kemampuan berenang yang baik.

Advertisement

Ikan arapaima yang menghuni kolam utara Jogja EXotarium memiliki ukuran tubuh dua meter dan  memiliki berat tubuh 70kg. Hewan itu sanggup menghabiskan 2,5 kg ikan lele setiap harinya. Di kolam asalnya, ikan ini tidak berenang sendiri. Dia ditemani dengan 10 ikan lain yang berjenis ikan predator.

Beberapa waktu yang lalu, ikan arapaima ini dialihkan sementara waktu ke kolam karantina. Adapun alasannya lantaran kolam sebelumnya sedang pada taraf perbaikan. Hal ini agar kelangsungan hidup ikan tersebut lebih baik.

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen Diusulkan Ada Jalur Wisata Sepeda

Di awal Agustus ini, ikan arapaima sudah dikembalikan ke habitat semula. Harapannya pengunjung akan lebih nyaman melihat aktifitas ikan serta memudahkan edukasi bagi pengunjung. Proses pemindahan ikan tersebut membutuhkan 12 orang untuk mengangkat tubuh ikan tersebut. Banyaknya orang untuk menangani ikan arapaima yang cukup agresif geraknya, terutama ketika berada di luar habitat air. Sehingga ada kerentanan arapaima mengalami patah tulang.

Selain pemindahan ikan arapaima, Jogja Exotariup pun membuka kembali wahana terapi ikan yang terletak di sebelah selatan kolam ikan arapaima. Pemilik Jogja Exotarium, Akbar Taruna, mengatakan dibukanya kembali wahana tangkap ikan tersebut mengingat minat penunjung yang masih tinggi.

“Animo ini khususnya pengunjung lanjut usia yang lebih memilih wahana terapi ikan sebagai wahana relaksasi sambil melepas penat,” katanya.

Pemindahan ikan arapaima serta wahana terapi ikan yang dibuka kembali bertepatan dengan Peringatan Kemerdekaan RI ke-77 di Jogja Exotarium. Jogja Exotarium juga menyelenggarakan event promo diskon khusus bagi pengunjung yang lahir di bulan Agustus. Adapula event foto selfie di lorong hamster berhadiah jutaan yang masih berjalan hingga akhir Agustus 2022.

BACA JUGA: 7 Peserta Lolos Seleksi Administrasi sebagai Calon Kepala Dispar Sleman, Siapa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement