Advertisement

Ajarkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Keparakan Bikin Lomba Pengolahan Singkong

Triyo Handoko
Senin, 22 Agustus 2022 - 10:27 WIB
Budi Cahyana
Ajarkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Keparakan Bikin Lomba Pengolahan Singkong Suasana lomba mengolah singkong di Kelurahan Keparakan dengan peserta PKK setempat, Minggu (21/8/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Keparakan, Kota Jogja, mengadakan lomba pengolahan singkong untuk memeriahkan kemerdekaan, Minggu (21/8/2022). Lomba ini diikuti oleh lima PKK di Kelurahan Keparakan dan dimaksudkan untuk mengajarkan ketahanan pangan melalui singkong.

Berlokasi di di RW 09, Kelurahan Keparakan, lomba tersebut menampilkan kreasi ibu-ibu PKK berupa kroket, puding, hingga kue tart berbahan dasar singkong. Batasan nilai bahan yang dipergunakan dalam lomba olahan singkong ini maksimal Rp30.000.

Advertisement

BACA JUGA: Hendak Terbitkan IPL Tol Jogja-YIA, Ini yang Jadi Pertimbangan Pemda DIY

Lurah Keparakan Rina Budi Prastiwi menyebut lomba tersebut untuk kembali menggunakan singkong sebagai sumber pangan.

“Dulu kan jadi salah satu sumber pangan utama, sekarang malah jarang diolah makanya kami bikin lomba ini supaya masyarakat khususnya ibu-ibu kembali mengolah singkong,” jelasnya, Minggu (21/8/2022).

Singkong juga dapat ditanam di mana saja dan dengan mudah bisa dipanen. “Kami pilih singkong karena bisa ditanam kapan saja dan tahan musim, sehingga cocok sekali dengan ketahanan pangan,” ujarnya.

Dipadupadankan dengan kreativitas, menurut Rini, singkong dapat memiliki nilai tambah lebih tinggi. “Jadi berbeda dengan zaman dulu, sekarang harus diolah dengan kreativitas supaya lebih menarik dikonsumsi,” katanya.

BACA JUGA: Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Ketua panitia lomba tersebut, Bambang Satrio menjelaskan peserta lomba sangat antusias dengan kegiatan ini. “Mereka jadi bersemangat mengolah singkong lagi,” ujarnya.

Dalam lomba tersebut, hadiah juga diberikan bagi pemenang. “Supaya memotivasi untuk lebih kreatif lagi mengolah singkong,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Gedung DPR di IKN Dimulai Tahun Depan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement