Advertisement

Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Lugas Subarkah
Minggu, 21 Agustus 2022 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas Caption: Pengunjung Pantai Samas menyaksikan Festival layangan Samas, Sabtu (20/8/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Untuk mengenalkan dan membangkitkan kembali destinasi wisata Pantai Samas, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Samas menggelar Festival layangan Samas 2022 yang berlangsung di pantai Samas, selama dua hari, Sabtu dan Minggu (20-21/8/2022).

Ketua panitia Festival layangan Samas, Lili Wiworo, menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 78 tim yang berasal dari berbagai wilayah. “Ada yang dari Kediri, Tulungagung, Cilacap, Sragen, Magelang, Jogja juga,” ujarnya, Sabtu (20/8/2022).

Advertisement

Dalam festival ini, tim yang terlibat akan berlomba memperebutkan piala GKR Hemas. Perlombaan dibagi dalam beberapa tema, meliputi biota laut pada hari pertama, lalu tradisional, 2D bebas dan trai naga untuk penutup di hari kedua.

BACA JUGA: Pameran Furniture dan Kerajinan Bertaraf Internasional di Gelar di Jogja Expo Center

Para juri memberi penilaian kepada setiap peserta berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya kerapian, kesesuaian tema dan kestabilan terbang. “Setiap peserta bebas menerbangkan berapa lama tidak kami batasi,” ujar dia.

Festival layangan baru pertama kalinya digelar di Pantai Samas. Dengan event ini, Pokdarwis Samas berharap dapat mengembalikan kejayaan Pantai Samas seperti pada era 1980-an. “Sementara ini vakum kegiatan, hampir sama sekali ga ada namanya lagi nama Samas,” katanya.

Maka Festival Layangan Samas ini akan menjadi awal mula pengenalan kembali Pantai Samas kepada masyarakat dan wisatawan dari berbagai daerah yang nantinya akan disusul oleh kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata DIY, Wawan, mengatakan Festival Layangan Samas menjadi salah satu agenda pariwisata di Bantul yang akan semakin memperkenalkan destinasi wisata yang berada di Bantul khususnya Pantai Samas.

Diharapkan para pehobi layangan dapat menyalurkan hobinya sekaligus menikmati wisata di wilayah pesisir selatan Bantul ini. “Dapat mendatangkan wisatawan salahs atunya dengan Festival Layangan Samas ini,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bolehkah Vaksin Booster Sekaligus Imunisasi Campak? Begini Kata Dokter Anak

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement