Advertisement

Jaring Wisatawan saat Lebaran, TPR Pantai Samas Dipercantik

Catur Dwi Janati
Minggu, 17 April 2022 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Jaring Wisatawan saat Lebaran, TPR Pantai Samas Dipercantik TPR Pantai Samas yang tengah diperbaiki, Minggu (17/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemkab Bantul mempercantik wajah tempat wisatanya guna menyambut datangnya wisatawan di libur Lebaran tahun ini. 

Salah satu yang dilakukan oleh Pemkab adalah dengan merenovasi tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Samas. Saat ada ledakan kunjungan wisatawan ke Pantai Samas, diharapkan keberadaan TPR yang baru tersebut bisa memberikan kesan lebih pada para mereka.

Advertisement

"Perawatan kan untuk memperindah. Ketika nanti liburan mudah-mudahan sudah tampak lebih baik lagi. Jadi orang yang berkunjung di Bantul merasa lebih ada merasa tersambut atau diperhatikan pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Minggu (17/6/2022).

BACA JUGA: Ngebut, Pelajar di Bawah Umur Tewas Tabrak Pohon di Jalan Samas

Dijelaskan Kwintarto memang ada beberapa cat, dan atap yang perlu direnovasi. "Ada beberapa yang diperbaiki, tapi itemnya apa saja, saya enggak hafal," tandasnya

Selama Lebaran sebelum pandemi, setidaknya 25%-30% wisatawan yang datang ke Bantul mengunjungi pantai di sisi sebelah barat Sungai Opak. "Kalau di [pantai wilayah] barat bisa sampai 4.000-5.000 orang," jelasnya.

Akan tetapi untuk wilayah timur, ketika terjadi ledakan wisatawan, jumlah kunjungan wisata bisa mencapai 28.000 orang.

Itulah sebabnya, dengan adanya perbaikan dan perawatan tersebut, diharapkan nantinya dapat berkesan baik bagi para wisawatan yang akan memasuki pantai wilayah barat via TPR Pantai Samas. 

"Merasa saja kalau di situ sudah sampai di area wisata di kawasan selatan, penanda. Bahwa orang akan terkesan dan itu dilihat dari sisi perbaikan sarana dan prasarananya. Diharapkan menunjukan bahwa pemda serius untuk memperlakukan atau memyambut wisatawan itu dengan cara-cara yang smart dengan, cara-cara yang baik," tegasnya.

BACA JUGA: Warga Bantul Buat Kue Egg Roll dari Ubi Ungu

Potensi lonjakan wisatawan ke Bantul sejauh ini, kata Kwintarto memang belum terlihat di awal-awal Ramadan.

Berdasarkan catatan Kepala Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan, Markus Purnomo Adi selama ramadan kunjungan wisata berangsur-angsur menurun. Pada akhir pekan 8-10 April jumlah wisatawan yang masuk hanya sebanyak 4.531 orang. Angka ini turun 64,5% dari akhir pekan sebelumnya.

Secara mingguan jumlah wisatawan dari 4-10 April hanya mencapai 8083 orang. "Turun 72,8 persen dibanding weekend yang lalu," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 54 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement