Advertisement

Warga Bantul Buat Kue Egg Roll dari Ubi Ungu

Ujang Hasanudin
Sabtu, 16 April 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Warga Bantul Buat Kue Egg Roll dari Ubi Ungu Sejumlah karyawan sedang membuat kue egg roll ubi ungi di rumah produksi Shasa Egg Roll Ubi Ungi di Dusun Dusun Bedukan, Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Warga Dusun Bedukan, Kalurahan Pleret, Kapanewon Pleret, Bantul membuat kue egg roll dari bahan dasar ubi ungu. Tidak kalah dengan egg roll bermerek terkenal, produksi egg roll ubi ungu sejak 2010 sampai saat ini tetap eksis dan laris manis di pasaran terutama menjelang lebaran.

Aqiella Fadia Rizqi, marketing Shasa Egg Roll Ubi Ungu, mengatakan usaha kue egg roll milik Iva Asyarifah lahir dari hobi membuat kue. Sang pemilik kemudian mencoba mencari tahu kue yang paling disukai saat Lebaran, dan ketemulah egg roll.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Muncullah ide untuk membuat egg roll dari bahan dasar ubi ungu,” kata Aqiella, Kamis (14/4/2022) lalu.

Ia menjelaskan bahan dasar membuat egg roll tidak jauh dengan egg roll lainnya, yakni tepung sagu, susu, gula, dan mentega. Hanya bahan utamanya dari telur dan ubi ungu. Warnanya ungu membuat pembeda dengan egg roll lainnya dan mendapat penggemar sendiri. Hal ini berdasarkan hasil produksi harian sebelum pandemi yang bisa mencapai 1.000 boks egg roll dalam sehari  dengan isi per boks 15 egg roll dengan harga Rp14.000 per boks.

Puluhan karyawan dari warga sekitar ikut terberdayakan dengan adanya produksi kue tersebut. Namun pandemi sempat membuat Shasa Egg Roll Ubi Ungu sepi pemesanan sehingga terpaksa mengurangi produksi dan juga karyawannya. Setelah dua tahun pandemi, kini produksi egg roll ubi ungu kembali bangkit meski produksi masih belum maksimal, per hari hanya 300 boks.

Ramadan ini membawa berkah bagi produsen egg roll ubi ungu. Pasalnya pemesanan mulai banyak, bahkan dua pekan menjelang Lebaran ini pemesanan mulai banyak, “Produksi meningkat lebih dari 50 persen selama Ramadan ini, dalam sehari bisa memproduksi 500 boks egg roll,” katanya.

Egg roll ini cocok buat kue lebaran dan juga untuk oleh-oleh,” ujar Aqiella.

Sebagian besar pemilik toko oleh-oleh di wilayah DIY dan Jawa Tengah yang mengambil langsung egg roll ke rumah produksi. Namun ada juga pengiriman ke berbagai daerah, bahkan luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia.

“Pemasaran sampai Malaysia dan Singapura,” ujar Aqiella.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement