Advertisement

BOB Sunset Run dan FLS Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Ujang Hasanudin
Senin, 22 Agustus 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BOB Sunset Run dan FLS Dongkrak Kunjungan Wisatawan Sunset run di Pantai Depok, Bantul. - Istimewa/ Dokumen Panitia Sunset Run

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul menyebut gelaran acara Badan Otorita Borobudur (BOB) Sunset Run di Laguna View Depok dan Festival Layangan Samas (FLS) di Pantai Samas sukses mendongkrak kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai selatan (Pansela) Bantul. Terbukti kunjungan wisatawan akhir pekan lalu meningkat dibanding pekan sebelumnya.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan kunjungan wisatawan pada akhir pekan lalu atau 19-21 Agustus 2022 sebanyak 29.245 orang dengan pendapatan sebesar Rp284 juta. Dari jumlah tersebut yang paling banyak adalah kunjungan ke wilayah Parangtritis termasuk Pantai Depok sebanyak 19.095 orang, disusul Pantai Samas 5.600 orang.

Angka kunjungan wisatawan ini meningkat 45% dibanding akhir pekan sebelumnya, “Kenaikan kunjungan wisatawan akhir pekan lalu ini karena ada dua event di Depok, yakni BOB Sunset Run dan Festival Layangan Samas di Pantai Samas,” kata Markus, saat dihubungi Senin (22/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sementara total kunjungan selama sepekan atau 15-21 Agustus 2022 sebanyak 47.347 orang dengan pendapatan Rp459 juta. Kunjungan selama sepekan lalu juga meningkat 43% dibanding kunjungan selama sepekan sebelumnya.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Jogja Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Akhir Tahun

Menurut Markus setiap ada kegiatan atau event besar di wilayah pansela memang bisa mendongkrak kunjungan wisatawan termasuk BOB Sunset Run dan FLS. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Samas saat acara FLS adalah wisatawan lokal DIY, “Berbeda dengan kunjungan ke Parangtritis dan sekitarnya termasuk Depok itu banyak wisatawan dari luar DIY,” papar Markus.

Pihaknya optimistis kunjungan wisatawan selama beberapa pekan ke depan akan mengalami peningkatan karena masih ada sejumlah kegiatan yang diselenggarakan di pansela maupun di sejumlah objek wisata lainnya, di antaranya adalah Festival Kuliner Mataram 2022 yang akan diselenggarakan di Laguna View Depok pada 27-28 Agustus mendatang.

Dalam event tersebut akan menghadirkan 1.010 jajanan gratis yang bisa dinikmati wisatawan dan tersedia 50 macam makanan tradisional. Kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan dengan kesenian musik. Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ipung ini mengatakan ketika ada event jumlah kunjungan wisatawan sudah mendekati normal dibanding sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis mengatakan pascapandemi merupakan momentum yang tepat untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Sebab sudah hampir dua tahun sebelumnya masyarakat tidak bisa berwisata karena adanya berbagai pembatasan.

Advertisement

“Dua tahun pandemi ini banyak masyarakat ngampet berwisata, harusnya sekarang justru ada lonjakan,” katanya. Wildan berharap Dinas Pariwisata memperbanyak atraksi-atraksi wisata untuk menggaet wsiatawan agar berkunjung ke Bantul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 30 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement