Advertisement

Kasus Dugaan Penyuapan Haryadi Suyuti, JCW: Telusuri Aliran Dananya, Cek LHKPN!

Triyo Handoko
Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Kasus Dugaan Penyuapan Haryadi Suyuti, JCW: Telusuri Aliran Dananya, Cek LHKPN! Penyidik KPK menunjukkan barang bukti uang dolar yang disita dalam operasi tangkap tangan (OTT) kasus korupsi dugaan suap yang menjerat eks Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti - Harian Jogja/FB

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Jogja Corruption Watch (JCW) meminta jaksa penuntut umum (JPU) kasus penyuapan izin Apartemen Royal Kedhaton untuk menelusuri aliran dana dan memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para pihak yang terduga terlibat dalam kasus tersebut. 

Pasalnya, dalam persidangan pertama kasus yang menyeret eks Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti ini terungkap beberapa hadiah berupa barang yang diduga sebagai penyuapan. Hadiah tersebut berupa sepeda listrik hingga mobil.

Advertisement

BACA JUGA: Partai Ummat Dukung Calon DPD RI dari Tokoh Muhammadiyah Jogja

Aktivis JCW Baharudin Kamba menyebut jangan berhenti pada tiga tersangka saja. “Untuk mencari tersangka lain KPK hendaknya menelusuri aliran dana dari tiga orang yang sudah dijadikan tersangka ini, nanti akan kelihatan ke mana dan dari mana saja,” ucap dia, Selasa (23/8/2022).

Kamba juga meminta KPK melakukan pengecekan terhadap LHKPN. “Karena jika dalam LHKPN ditemukannya ketidakwajaran atau rekening gendut maka perlu ditelusuri lebih lanjut soal asal-usulnya,” ujarnya.

Peran masyarakat, jelas Kamba, juga penting untuk mengantisipasi korupsi. “Masyarakat harus mau ikut mengawasi, terutama untuk sektor pengadaan barang dan jasa karena itu yang paling rawan,” katanya.

Aparatur pegawai negeri sipil (PNS) hingga kepala daerah, lanjut Kamba, tak ada kapoknya melakukan korupsi padahal banyak sekali kasus sudah diungkap oleh KPK.

“Seakan itu tidak jadi pembelajaran buat mereka untuk menghindari korupsi, makanya peran masyarakat dalam pengawasan sangat penting,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement