Advertisement

Kasus Dugaan Penyuapan Haryadi Suyuti, JCW: Telusuri Aliran Dananya, Cek LHKPN!

Triyo Handoko
Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Kasus Dugaan Penyuapan Haryadi Suyuti, JCW: Telusuri Aliran Dananya, Cek LHKPN! Penyidik KPK menunjukkan barang bukti uang dolar yang disita dalam operasi tangkap tangan (OTT) kasus korupsi dugaan suap yang menjerat eks Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti - Harian Jogja/FB

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Jogja Corruption Watch (JCW) meminta jaksa penuntut umum (JPU) kasus penyuapan izin Apartemen Royal Kedhaton untuk menelusuri aliran dana dan memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para pihak yang terduga terlibat dalam kasus tersebut. 

Pasalnya, dalam persidangan pertama kasus yang menyeret eks Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti ini terungkap beberapa hadiah berupa barang yang diduga sebagai penyuapan. Hadiah tersebut berupa sepeda listrik hingga mobil.

BACA JUGA: Partai Ummat Dukung Calon DPD RI dari Tokoh Muhammadiyah Jogja

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Aktivis JCW Baharudin Kamba menyebut jangan berhenti pada tiga tersangka saja. “Untuk mencari tersangka lain KPK hendaknya menelusuri aliran dana dari tiga orang yang sudah dijadikan tersangka ini, nanti akan kelihatan ke mana dan dari mana saja,” ucap dia, Selasa (23/8/2022).

Kamba juga meminta KPK melakukan pengecekan terhadap LHKPN. “Karena jika dalam LHKPN ditemukannya ketidakwajaran atau rekening gendut maka perlu ditelusuri lebih lanjut soal asal-usulnya,” ujarnya.

Peran masyarakat, jelas Kamba, juga penting untuk mengantisipasi korupsi. “Masyarakat harus mau ikut mengawasi, terutama untuk sektor pengadaan barang dan jasa karena itu yang paling rawan,” katanya.

Aparatur pegawai negeri sipil (PNS) hingga kepala daerah, lanjut Kamba, tak ada kapoknya melakukan korupsi padahal banyak sekali kasus sudah diungkap oleh KPK.

“Seakan itu tidak jadi pembelajaran buat mereka untuk menghindari korupsi, makanya peran masyarakat dalam pengawasan sangat penting,” tandasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengumuman Pertama Lelang Eksekusi Harta Pailit

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 16:02 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement